Coping Stress Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring

Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas XII OTKP A Di SMK Negeri 1 Banjarbaru

Penulis

  • Mahrita Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Saidahtun Noor Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.555

Kata Kunci:

Coping stress peserta didik, Pembelajaran daring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara peserta didik dapat memahami dan mengatur stress pada dirinya dalam menghadapi pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Banjarbaru dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2022 sampai dengan selesai. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua peserta didik dari kelas XII OTKP A di SMK Negeri 1 Banjarbaru yang berjumlah 36 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 36 peserta didik hanya ada 6 peserta  didik yang tidak memiliki strategi dalam pembelajaran daring itu artinya lebih banyak peserta didik yang memiliki strategi tersendiri dalam menghadapi pembelajaran daring terutama dengan adanya dukungan sosial dari keluarga, teman dekat dan wali kelas serta para guru mata pelajaran yang bisa membuat peserta didik lebih giat, semangat serta percaya diri dalam mengikuti dan menyelesaikan tugas pada pembelajaran daring. Saran yang mungkin bermanfaat serta bisa direkomendasikan oleh peneliti antara lain sebagai berikut : Bagi peneliti, hal ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan penelitian yang lain dalam menyelesaikan suatu permasalahan  yang dihadapi secara nyata dilapangan. Bagi peserta didik, alangkah lebih baik jika pada saat pembelajaran daring peserta didik bisa lebih memperhatikan pada saat guru memberikan materi dan penjelasan mengenai materi yang diajarkan. Sehingga jika kurang paham bisa bertanya kepada teman atau bahkan bertanya langsung kepada guru bersangkutan sehingga materi bisa dijelaskan kembali.

Referensi

Ghoni, Djunaidi. Dkk. (2020) Analisis Dan Interpetasi Data Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Khairani, Makmun. (2011) Psikologi Umum. Sleman, Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Maulida, E. R. (2021) Coping Stress Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir Semester, Tegal: Universitas Panca Sakti Tegal.

Noviyanti, Azmi. (2020) Peran guru agama dalam bimbingan konseling siswa di SD Negeri Brangas 1. Universitas Achmad Yani Banjarmasin.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-18

Cara Mengutip

Mahrita, M., & Noor, S. . (2023). Coping Stress Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring: Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas XII OTKP A Di SMK Negeri 1 Banjarbaru. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(1), 17–22. https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.555

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.