Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dari Tradisi Buka Luwur Mbah Rogo Moyo Desa Kaliwungu Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Ashlih Wilda* Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.820

Kata Kunci:

Tradisi Lokal, Pendidikan Kewarganegaraan, Nilai-Nilai Karakter, Buka Luwur Mbah Rogo Moyo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi integrasi nilai-nilai karakter dari tradisi Buka Luwur Mbah Rogo Moyo di Desa Kaliwungu dalam pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Tradisi tersebut menyoroti nilai-nilai seperti religiusitas, toleransi, disiplin, cinta tanah air, peduli sosial, dan tanggung jawab melalui berbagai kegiatan ritual dan sosial yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naratif, teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap partisipan tradisi untuk mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai ini dapat diintegrasikan dalam pembelajaran karakter di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Buka Luwur Mbah Rogo Moyo bukan hanya sebagai momen perayaan keagamaan, tetapi juga sebagai sumber pembelajaran yang kaya akan nilai-nilai kewarganegaraan yang relevan untuk pendidikan di SD. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa tradisi Buka Luwur Mbah Rogo Moyo di Desa Kaliwungu menyediakan konteks yang kaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar, seperti religiusitas, toleransi, dan tanggung jawab. Tradisi ini tidak hanya memperkuat pemahaman siswa tentang nilai-nilai tersebut, tetapi juga menawarkan pengalaman belajar yang nyata dan relevan untuk membentuk karakter siswa.

Referensi

Agustina, Naila Intan Muna, Ismaya, Erik Aditia, & Pratiwi, Ika Ari. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Peduli Sosial Anak. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2465

Dherby, Galang. (2023). Nasi Berkah Sego Jangkrik Dalam Acara Buka Luwur Haul Sunan Kudus. An-Nuur. https://doi.org/10.58403/annuur.v13i1.211

Farihah, Irzum, & Ismanto, Ismanto. (2019). Buka Luwur as A Media of Education and Social Solidarity of Kudus Community. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam. https://doi.org/10.21154/altahrir.v19i1.1568

Friyadi, Arif. (2022). Tradisi Buka Luwur: Potret Living Hadis pada Haul Sunan Kudus. Nabawi: Journal of Hadith Studies.

Gofur, Muhammad Abdul, Auliya, Muhamad Fahmi Ridho, & Nursikin, Mukh. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Multikultural. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.323

Labibah, Ayyidul. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus di Desa Kauman Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Repository IAIN Kudus.

Maharani, Maulidya Shofia, Rondli, Wawan Shokib, & Ermawati, Diana. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD 3 Robayan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2519–2526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1869

Mauladah, Monika, Ismaya, Erik Aditia, & Fardani, Much. Arsyad. (2022). Nilai Karakter Pada Tradisi Rebo Wekasan Di Masyarakat Desa Jepang. Jurnal Prakarsa Paedagogia. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7148

Mundakir, & Hidayat, Aat. (2020). Islamic shari’a configuration of buka luwur tradition in kudus. Qudus International Journal of Islamic Studies. https://doi.org/10.21043/QIJIS.V8I1.7999

Muqtafia, Afi Choirina, Fardani, Much Arsyad, & Ermawati, Diana. (2023). Analisis Sikap Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.695

Nadiroh, Siti Milkhatun, Purbasari, Imaniar, & Ermawati, Diana. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Literasi di SDN 1 Brantaksekarjati. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1651

Nikmah, Faridhatun. (2023). Public perception of the myth in traditional objects at the Buka Luwur ceremony of the Sunan Kudus tomb. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary. https://doi.org/10.22515/shahih.v8i1.5892

Ningrum, Retno Wulan, Ismaya, Erik Aditia, & Fajrie, Nur. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Peby Andriani, Ryan, Fardani, Much. Arsyad, & Ermawati, Diana. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649

Purwantiningsih, Ary, Permana, Septian Aji, & Ismaya, Erik Aditia. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Milenial Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Terbuka, Universitas PGRI Yogyakarta, Universitas Muria Kudus, (0291), 268–273.

Rosyid, Moh. (2021). Pelestarian Tradisi Buka Luwur: Studi Budaya di Makam Sunan Kudus Jawa Tengah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology). https://doi.org/10.24114/antro.v6i2.18077

Rosyid, Moh. (2022). Symbolic Meaning of Buka Luwur: a Historical and Cultural Study of Sunan Kudus Grave. El Harakah: Jurnal Budaya Islam. https://doi.org/10.18860/eh.v24i2.17130

Sabrina, Unsa, Ardianti, Sekar Dwi, & Ermawati, Diana. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233

Sahara, Anastasia Regita Rintan, & Susanto, Clarissa Aurelia. (2023). Eksistensi Hukum Adat Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal di Era Modern. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur. https://doi.org/10.57235/motekar.v1i2.1308

Sari, Den Ayu Putri Pandan, & Kurnia, Ita. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Budaya Indonesia Melalui Tiktok pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3686

Sholikin, Muhammad, Fajrie, Nur, & Ismaya, Erik Aditia. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Bandung Alfabeta.

Diterbitkan

2024-10-01

Cara Mengutip

Wilda, A., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dari Tradisi Buka Luwur Mbah Rogo Moyo Desa Kaliwungu Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 248–257. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.820

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.