PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN PERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK DI TOKO KOSMETIK WIE DI KANDANGAN

Authors

  • Norrahmiati Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Retno Ernawati Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Keywords:

Pengaruh, Faktor Sosial, Faktor Personal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian kosmetik pada toko kosmetik WIE di Kandangan, (2) pengaruh faktor personal terhadap keputusan pembelian kosmetik pada toko kosmetik WIE di Kandangan, (3) pengaruh faktor sosial dan personal terhadap keputusan pembelian kosmetik di toko kosmetik WIE di Kandangan. Variabel dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian Konsumen (Y), Faktor Sosial (X1), Faktor Personal (X2). Populasi dalam penelitian ini adalah siapa saja yang kebetulan menjadi pembeli di toko kosmetik WIE. Teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan kuesioner dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Issac dan Michael dan teknik nonprobability sampling diperoleh sebanyak 58 responden dari 160 populasi. Hasil uji t variabel personal (X2) menunjukan thitung = 1,178< ttabel 2,003. Artinya Ho2 diterima dan Ha2 ditolak dengan demikian variabel personal tidak berpengaruh positif dan signifikasi terhadap keputusan pembelian kosmetik. Hasil uji F menunjukan Fhitung 41,457> Ftabel 2,77 artinya Ho3 ditolak dan Ha3 diterima dengan demikian variabel sosial (X1) dan personal (X2) berpengaruh secara simultan dan signifikasi terhadap keputusan pembelian kosmetik di toko kosmetik WIE di Kandangan. Variabel sosial dan personal dikatakan mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 58,7% serta sisanya 41,3% diberikan kepada variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Kata kunci: Sosial, Personal, dan Keputusan Pembelian.

Published

2021-11-06

How to Cite

Norrahmiati, & Ernawati , . R. . (2021). PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN PERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK DI TOKO KOSMETIK WIE DI KANDANGAN. Scientific : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(1), 69–77. Retrieved from https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/scientific/article/view/232

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.