Analisis Burnout Mahasiswa PGSD FKIP UAY Tahun Ajaran 2021/2022

Penulis

  • Inuriya Verawati Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.455

Kata Kunci:

burnout; mahasiswa

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui burnout yang dialami oleh mahasiswa PGSD FKIP UAY Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis data perentase untuk mengukur burnout mahasiswa. Ada 13 mahasiswa yang menjadi subyek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah Burnout Asesmen Tool (BAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 23,8% laki-laki tidak mengalami burnout, sebesar 15,38% mengalami burnout, dan 0% yang mengalami kecenderungan burnout, untuk wanita sebesar 30,77% tidak mengalami burnout, sebesar 7,69% mengalami burnout, sebesar 23,8% memiliki kecenderungan burnout. Secara umum dapat dikatakan bahwa ada 7 Mahasiswa (53,85%) yang tidak mengalami burnout, ada 3 Mahasiswa (23,,8%) yang mengalami bunrout, dan 3 Mahasiswa (23,8%) memiliki kcenderungan burnout.

Referensi

Febriani, R. D., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.24036/00567kons2021.

Handayani, R. (2020). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Mengelola Kejenuhan Belajar Daring di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Iain Padangsidimpuan). TADBIR (Jurnal Manajemen Dakwah), 2, 353–366.

Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna, S. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi enanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 293–307. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.128

Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00.

Rachman, A., Suryo, H. Y., Putro, Sadewa, M. I., Hamid, F., & Simatupang. (2021). Resiko Kecenderungan Burnout Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Pada Saat Perkuliahan Daring. Jurnal ABKIN Jawa …, 2(2), 82–90. Retrieved from http://journal.abkinjateng.org/index.php/jaj/article/view/10%0Ahttp://journal.abkinjateng.org/index.php/jaj/article/download/10/13

Schaufeli, W. B., De Witte, H., & Desart, S. (2020). Manual Burnout Assessment Tool (BAT) – version 2.0. Belgium: Unpublished internal report.

Schaufeli, W., White, H. De, & Desart, S. (2020). User Manual Burnout Assessment.

Soekanto, A., & Rianti, E. D. D. (2021). Analisis tingkat kelelahan mahasiswa dalam pembelajaran daring di Era Pandemik Covid-19 Tahun jaran

/2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 10(2), 154–165.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Verawati, I. (2022). Analisis Burnout Mahasiswa PGSD FKIP UAY Tahun Ajaran 2021/2022. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 130–134. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.455

Terbitan

Bagian

Artikel