Analisis Kecanduan Game Pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Inuriya Verawati Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.664

Kata Kunci:

Analisis, Game, Siswa

Abstrak

Perkembangan teknologi yang telah berkembang pesat membuat game menjadi sangat diminati oleh para suswa, mulai dari jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi, bahkan orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecanduan game siswa Penelitian menggunakan desain deskriptif, jumlah populasi yang juga sekaligus menjadi sampel sebanyak 24 siswa, Instrumen menggunakan skala kecanduan game yang dikembangkan oleh Karadag. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dalam skala rendah kecanduan game.

Referensi

Darwis, M., Amri, K., & Reymond, H. (2020). Dampak Dari Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Usia 15-18 Tahun Di Kelurahan Kayuombun. Ristekdik, 5(2), 228–229. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/2088

Erik, S., & Syenshie, W. V. (2020). Hubungan Durasi Bermain Game Online Dengan Kesehatan Mental Pada Remaja Pria. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, 2(2), 69–75.

Firdaus, Y., Pebrianti, Y., & Andriyani, T. (2018). Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku konsumtif siswa pengguna game online. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 2(2), 169–181.

Hadisaputra, H., Nur, A. A., & Sulfiana, S. (2022). Fenomena Kecanduan Game Online di Kalangan Remaja Pedesaan (Studi Kasus Dua Desa di Sulawesi Selatan). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 391–402. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1690

Irawan, S., & Siska W., Di. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1), 9–19.

Karadaǧ, E., Tosuntaş, Ş. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Şahin, B. M., … Babadaǧ, B. (2015). Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of Behavioral Addictions, 4(2), 60–74. https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.005

Kristiawan, A., & Yunanto, K. T. (2021). Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kecanduan Game Online. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 14–24. Retrieved from https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Pande, N. P. A. M., & Marheni, A. (2015). Hubungan Kecanduan Gameonlinedengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p05

Santi, R. J., Setiawan, D., & Pratiwi, I. A. (2021). Perubahan Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar Akibat Game Online. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 385. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38576

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1), 29. Retrieved from http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/20/22

Ulya, L., Sucipto, S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1112–1119. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1347.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-06

Cara Mengutip

Verawati, I. (2023). Analisis Kecanduan Game Pada Siswa Sekolah Dasar. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(2), 117–121. https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.664

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.