Analisis Sikap Nasionalisme Pembelajaran PKN Melalui Lagu Garuda Pancasila SDN 01 Indralaya
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.621Kata Kunci:
Sikap Nasionalisme, Lagu Garuda PancasilaAbstrak
Sikap nasionalisme merupakan rasa cinta pada tanah air yang sangat mendalam dan memberikan kesetiaan tertinggi pada negara. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap nasionalisme pembelajaran PKn melalui lagu garuda pancasila sebagai lambang negara di Kelas III SDN O1 Indralaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap nasionalisme pembelajaran pkn melalui lagu garuda pancasila sebagai lambang negara di SDN 01 Indralaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini siswa memiliki pemahaman yang cukup baik mengenai lagu garuda pancasila sebagai lambang negara dan sikap nasionalisme siswa sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang terkandung dalam lagu garuda pancasila akan tetapi walaupun sudah cukup baik masih ada beberapa siswa yang tidak memahami dan tidak mencerminkan sikap nasionalisme siswa sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang terkandung dalam lagu garuda pancasila.
Referensi
Berliana, N., Sunardin, & Fathurrohmah, Y. (2022). Analisis Sikap Nasionalisme pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715.
Berra, E. Do. (2018). Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKn di SD Negeri 08 Rejang Lebong. Skripsi, 62. http://e-theses.iaincurup.ac.id/638/
Fertha Larasati, R., Armariena, D. N., & Noviati, N. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Satuan Baku Siswa Kelas II SDN. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9085–9095. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1478
Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Pkn. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1570
Komariah, A. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. CV. Alfabeta.
Laksana, R. B., & Wulandari, S. (2022). Efektifitas Pembelajaran Seni Rupa Membuat Karya Kolase Menggunakan Kertas Origami Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2141–2145.
Lexy J. Moleong, M. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Sekawael, L., Salamor, L., Bakker, R., Studi PPKn, P., & Pattimura, U. (2022). Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI NASIONALISME DALAM LAGU INDONESIA RAYA. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 1–11.
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Arian Tanjung, Noviati Noviati, Robert Budi Laksana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.