Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantu Paper Mode Quiziz IPAS Kelas IV SD Negeri 78 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.825Kata Kunci:
Keefektifan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Paper Mode Quiziz, IPASAbstrak
Pendidikan adalah menuntun segala potensi yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan quiziz terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri 78 Palembang baik dari segi minat, hasil, dan keaktifan belajar. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu upaya dalam menunjang kebutuhan peserta didik. dalam pembelajaran berdiferensiasi itu sendiri terdapat beberapa aspek kebutuhan peserta didik yang harus dipenuhi yakni kesiapan, minat dan gaya belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 78 Palembang dengan subjek penelitian kelas IV. A, IV.B, dan IV.C dengan jumlah 25 -28 peserta didik. Metode penilitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, Tehnik pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan observasi kelas selama pembelajaran, wawancara guru dengan guru kelas, dan angket minat belajar peserta didik. Adapun hasil dari penelitian dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan berbantu paper mode quiziz dapat meningkatkan minat, hasil dan keaktifan belajar peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari pra siklus, ke siklus I, siklus II, silus III, dan siklus IV. Dapat dilihat dari Persentase minat, hasil keaktifan rata-rata persen baik pada siklus 1, siklus II, Siklus III, Siklus IV terdiri dari minat belajar sebesar 80,57 %, untuk hasil sebesar 81,92 dan keaktifan sebesar 80,44 dari hasil persentase tersebut pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi berbantu quiziz ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk diterapkan di sekolah dasar
Referensi
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Mipa 12(2): 118–26.
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Irawati, Deasy, Siti Masitoh, and Mochamad Nursalim. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Sebagai Landasan Pendidikan Vokasi Di Era Kurikulum Merdeka. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 7(4): 1015–25.
Dhahana Aris Saputra, Aryo Andri, & Joko Sulianto. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1570–1582.
Miqwati, Euis Susilowati, and Joutje Moonik. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. 1(1): 30–38.
Naldi, W., Suryadi, S., R, G. A., Herman, T., & Dwiana, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5224–5231.
Pauzi, and Rasidin. (2024). Paradigma penelitian kualitatif dan kuantitatif. Riyana, C, and K RI. Media Pembelajaran. Kemenag Ri.
Rizkika Eprina, Silvia et al. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Bangun Datar Dengan Media Quizizz Mode Kertas Kelas 4 SD Negeri 33 Mataram. Journal of Science Instruction and Technology 3(1): 73–78.
Sukrotin, Putri, Muhammad Prayito, and Joko Sulianto. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Strategi Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV SDN Plamongansari 02. 06(01): 4383–90.
Yulia Isratul Aini. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran quiziz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah dibengkulu, 2(25).
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dwi Rimayani, Ernawati, Fifit Pitaloka, Makmun Raharjo, Rudiansyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.