Meningkatkan Ketuntasan Belajar Biologi Pasca Covid 19 Materi Hasil Investigasi Tentang Virus Dengan Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas X.A SMA Negeri 1 Boja Tahun Pelajaran 2022/2023

Penulis

  • Sri Mutarsih SMA NEGERI 1 BOJA Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.551

Kata Kunci:

PjBL, Learning

Abstrak

Pembelajaran pada masa covid 19 memang sangat memberi dampak, pandemic menyebabkan pembelajaran tidak optimal, sehingga berdampak terhadap hasil belajar sehingga peneliti melakukan penelitian agar bisa memberikan solusi belajar yang di hadapi siswa dan guru pada masa pembelajaran daring dengan pembelajaran PjBL, dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang dengan sampel total dan penilai ketuntasan dengan analisis persentase ketuntasan dengan acuan nilai KKM 75 yang dilaksanakan dengan dua siklus. Berdasarkan hasil pembelajaran siklus 1 diperoleh materi yang di sampaikan progrs hasil diskusi kerja kelompok dari 5 kelompok diperoleh info baru empat kelopok yang telah melaporkan siswa memahami kerangka proyek dan memulai perencanaann yang kedua mampu menyajikan laporan awal hasil investigasi tentang  Virus. kemudian dilakukan evaluasi siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 76,50  dengan ketuntasan belajar mencapai 69%, masih belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal, dengan kendala yang di hadapi siswa masih belum memahami materi atau bahan tentang Virus, sehingga kurang menguasai pelajaran, pada siklus 2 dengan memberikan remedial dan pengayaan materi dan penugasan projek agar di lanjutkan dengan menggali bahan lebih banyak lagi tentang Virus, pada siklus 2 ada kemajuan hasil belajar dengan nilai rata-rata 81,47 dengan persentase ketuntasan 100%, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa ketuntasan belajar telah dicapai dengan baik dengan demikian pembelajaran tercapai dengan pembelajaran PjBL.

Referensi

Abrori, F. M., Krisnawati, Y., Ningsih, R., & Usman, U. (2019). Penelitian tindakan kelas berbasis lesson study: model think pairshare berbantuan media komik Virus untuk meningkatkan hasilbelajar biologi. Borneo Journal Of Biology Education (BJBE), 1(1), 17.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terin-tegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Ino-vasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Apriani, D., Priyotamtama, P. W., & Handoyo, L. D. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X-7 SMA Kolese De Britto YOGYAKARTA pada Materi Virus dengan Permainan Edukatif Teka–teki Silang (Tts). In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Deepublish.

Lokistawara, E., Hidayat, S., & Syahri, I. (2019). Upaya meningkatkan penguasaan konsep melalui model problem based learning pada materi Virus Kelas X di SMA Muham-madiyah Sekayu. BIODIK, 5(1), 59-67.

Purwanti, E. N. D. A. H. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X-IPA pada Materi Virus di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal Simki, 3(1), 2-11.

Rahmaniati, E. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional Dengan Permainan Kartu Bertema Virus Pada Siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7(2), 1-12.

Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan metode pembelajaran pro-ject based learning (PjBL) disertai dengan peta konsep untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada materi redoks kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81

Sudjana, Metoda Statistika. "Bandung: Tarsito." (2005).

Sugiyanto, S., Wena, M., & Isnandar, I. (2019). Developing learning materials based on training within industry (TWI) to improve the building construction student’s learning outcomes.

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-14

Cara Mengutip

Mutarsih, S. . (2023). Meningkatkan Ketuntasan Belajar Biologi Pasca Covid 19 Materi Hasil Investigasi Tentang Virus Dengan Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas X.A SMA Negeri 1 Boja Tahun Pelajaran 2022/2023. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(1), 13–16. https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.551

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.