Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Devi Mariam Apriliani* Universitas Buana Perjuangan Karawang, Jl. H.S. Ronggowaluyo, Teluk Jambe, Karawang, Karawang, Indonesia
  • Harmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang, Jl. H.S. Ronggowaluyo, Teluk Jambe, Karawang, Karawang, Indonesia
  • Tia Latifatu Sa’diah Universitas Buana Perjuangan Karawang, Jl. H.S. Ronggowaluyo, Teluk Jambe, Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.804

Kata Kunci:

Video Animasi, Berpikir Kreatif, siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mencari kebenaran yang menggambarkan adanya pengaruh media video media animasi tehadap berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Pada penelitiannya ini, penulis menggunakan metode pre-eksperimental design jenis penelitian Pre-Experimental Design yang menggunakan design the static group comparison, the static group comparison adalah penelitian yang menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dari itu pada penelitian ini dilakukan dua kali tes, yaitu pretest (O1) dan posttest (O2). Pada uji validasi diperoleh lima soal yng memenuhi atau melebihi angka r-tabel, pada uji reabilitas di peroleh angka 0,916 dimana angka ini melebihi 0,70 yang membuktikan bahwa hasil uji ini reliabel. Setelah melakukan uji validitas dan reabiltas dilakukan pengujian kembali pada lima soal yang teah memenuhi r-tabel, dimana pengujian lakukan dua kali yaitu prettes dan postes. Hasil prettes dan postes diuji kembali dimana di peroleh nimal rata-rata 62,16, median 60,00, dan nilai keseluruhan adalah 6216. Selanjutnya dilakukuakn uji normalitas  menggunakan One-Sample kolmogorow-smirnov Test yang memperoleh hasil > 0,05, pada uji homogenitas di peroleh angka yang sama yaitu > 0,005. Dan yang terakhir adalah ujit dimana pada uji t ini menggunakan independent samples test, pada group statistic diperoleh angka rata-rata dari prettes adalah 55,84 dan postes adalah 68,48 dan pada independent samples test memperoleh nilai signifikasi 0,608 yang membuktikan bahwa prettes dan postes beifat homogen. Sedangkan selisih dari keduanya adalah -12,640 dimana prettes < postes dengan demikian media animasi memiliki pengaruh pada berpikir kreatip siswa di sekolah dasar

Referensi

Fitriyani, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pedagogik Kreatif Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Repository.Upi.Edu.

Fuady, R., & Mutalib, A. A. (2018). Audio-Visual Media in Learning. http://www.j-k6em.org

Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan Ips Di Indonesia. Jurnal Pendidkan IPS Indonesia, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3493

Ines Nurmaulita, Nani Suryani, S. N. E. (2023). Pengembangan Berpikir dan Nilai dalam Pembelajaran IPS. Teknologi Informasi STKIP Muhammadiyah Kuningan. http://news.upmk.ac.id/home/post/pengembangan.berpikir.dan.nilai.dalam.pembelajaran.ips.html

Rahmani, A., Ratnasari, D. T., & Afrida, T. (2021). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR IPS. Jurnal Holistika, 5(2), 112. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.112-118

Rani Damaiyanti, M. Taheri Akbar, & Mega Prasrihamni. (2023). ANALYSIS OF STUDENTS’ CREATIVE T ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS 4 SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 339–348. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1498

Windarti, Y. (2021). PENGEMBANGAN MEDPEN BARETA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA.

Diterbitkan

2024-10-01

Cara Mengutip

Apriliani, D. M., Harmawati, & Sa’diah, T. L. (2024). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 217–224. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.804

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.