Penerapan Problem Based Learning (PBL) Pasca Pandemik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 3 MAN Kapuas Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.560Kata Kunci:
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Asam BasaAbstrak
Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas pada pembelajaran kimia pada MAN Kapuas yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 dengan teknik sampel menggunakan total sampling. Penelitian peningkatan hasil belajar kimia menggunakan indicator pencapaian nilai KKM individual dengan nilai capaian minimal 70 dengan ketuntasan minimal 85% secara klasikal. Dengan tahapan capaian setiap indikator pada setiap siklus yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, baik dari hasil observasi maupun hasil evaluasi kegiatan belajar dengan metode PBL di peroleh peningkatan ketuntasan belajar dari 69% meningkat menjadi 92%, dari hasil belajar juga ada peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata 70,8 meningkat menjadi 82,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar dengan metode pembelajaran PBL pada pembelajaran masa pasca pandemik mata pelajaran kimia materi asam basa tuntas secara klasikal 92% dengan nilai rata-rata 82,5 telah berhasil dengan baik.
Referensi
Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Ban-dung: PT Refika Aditama.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Tabany, Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontektual. Jakarta: Kencana.
Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi Kimia dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Farida, I., Rahmawati, R., Aisyah, R., & Helsy, I. (2020). Pembelajaran kimia sistem daring di masa pandemi Covid-19 bagi generasi Z. KTI Massa WHF Pandemi Covid-19
Hidayat, D., & Noeraida, N. (2020). Pengalaman komunikasi siswa melakukan kelas online selama pandemi Covid–19. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(2), 172-182.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi siswa SMAN 1 Palopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 264-270.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi Google Classroom, , dan Quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26
Ngalim, Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prasetyaningtyas, S. (2020). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86-94.
Nurjaman, Syarifan. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group.
Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusmono, R. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru (Edisi Kedua). Bogor: Ghalia Indonesia.
Rusmono.R (2017). Strategi pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu : untuk meningkatkan profesionalitas guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Thobroni. (2015). Belajar & Pembelajaran, Teori dan Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Heni Susanty
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.