Efektivitas Model Role Playing Berbantuan Wayang Kreasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.803Kata Kunci:
Model Role Playing, Hasil BelajarAbstrak
Model Role Playing adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melakukan suatu kegiatan dengan memainkan peran tertentu. Role playing juga merupakan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar dengan memerankan didalam kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu apakah penggunaan model role playing berbantuan wayang kreasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sd Negeri 171 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 27 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B yang berjumlah 25 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uj homogen, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan signifikan diperoleh 0,000 maka model role playing berbantuan wayang kreasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sd Negeri 171 Palembang.
Referensi
Anggraini, T., Sukasno, & Kustanto, R. B. (2022). Model Kooperatif Tipe Role Playing pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6, 4216.
Anggraini, Intan, Yasir Arafat, and Susanti Faipri Selegi. 2023. “Efektivitas Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Daur Ulang Sampah Plastik Di Kelas 3 Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2):5654–65. doi: 10.36989/didaktik.v9i2.1245.
Bera, L. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Role Playing Pada Mata Pelajaran Ips di SD Inpres Waioti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 10477.
Desrinelti, Neviyarni, & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar tinjauan Mdari aspek bahasa . Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 105.
Eswadi. (2018). Peningkatan Pemahaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menggunakan Media Wayang Kreasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 24.
Firosalia,K. (2018). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8, 172.
Kasanah, S. A., Damayanti, A. T., & Rofian. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 519.
Mawardi, A. D., & Aritonang, M. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Tematik Dan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bangkal. Jurnal Pahlawan, 2, 70.
Rahayu, S., Halimah, M., & WS, R. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 309.
Saraswati, D. L., Pratama, D., & Putri, D. A. (2019). Pemanfaatan Wayang Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Prosiding DPNPM Unindra, 412.
Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2, 62.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Penerbit Alfabeta,cv.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nadya Andarasta, Susanti Faipri Selegi, Ilham Arvan Junaidi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.