Motivasi Siswa Mengikuti Pengembangan Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Di SMA Negeri 4 Palembang

Penulis

  • Gita Rahmiyanti* Universitas Sriwijaya
  • Ardi Saputra Universitas Sriwijaya
  • Dian Sri Andriani Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.836

Kata Kunci:

Ekstrakurikuler, Motivasi, Seni

Abstrak

Ekstrakurikuler seni tidak hanya memberikan kesempatan bagi siswa untuk menyalurkan minat dan bakat siswa, tetapi juga menawarkan manfaat yang luas dalam perkembangan pribadi dan akademis siswa, untuk itu perlu diketahui apa saja yang memotivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler seni di SMA Negeri 4 Palembang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler seni di SMA Negeri 4. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini meneliti tentang motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler seni di SMA Negeri 4 Palembang yang dilakukan dengan metode kualitatif dan data tersebut akan diinterprestasikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMA Negeri 4 Palembang disebabkan oleh tingginya motivasi intrinsik dibandingkan dengan motivasi ekstrinsik. Hal ini dapat dilihat dari motivasi intrinsik melalui minat yang dimiliki siswa dan bakat yang ada dari siswa sejak kecil. Adapun motivasi ekstrinsik diperoleh dari dukungan dari orangtua dan juga tersedianya fasilitas yang lengkap dari sekolah memotivasi siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler seni, sedangkan dukungan dari lingkungan masyarakat sama sekali tidak memberikan motivasi kepada siswa.

Referensi

Kambuaya, C. (2019). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Social Work Journal.

Lelaini (2021). Teknik Pengembilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah.

Meria, A. (2018). Ekstrakulikuler dalam mengembangkan diri peserta didik di lembaga pendidikan. Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian.

Pangestu, B. (2021). Minat Dan Motivasi Berprestasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli. Indonesian Journal Of Sport & Tourism.

Prasetyo & Irwansyah. (2020). Memahami Masyarakat Dan Perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu sosial.Cooper, J.D. (2023). Literacy: Helping Chil-dren Construct Meaning. Boston Toronto: Hougton Miffin Company.Buku

Rahmawati, K. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Semiawan, C. (2010). Kreativitas Dan Keberkatan. Jakarta : PT. Indeks.

Setiaji, D. (2022). Analisis Pembelajaran Seni Terhadap Esensi Dan Tujuan Pendidikan. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran.

Yayat (2019), Hubungan Antara Sikap Minat Dan Perilaku Manusia. Unisma Bekasi.

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Rahmiyanti, G., Saputra, A., & Andriani, D. S. (2024). Motivasi Siswa Mengikuti Pengembangan Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Di SMA Negeri 4 Palembang. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 305–312. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.836

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.