Karakter Peduli Sosial Siswa Sekolah Dasar Negeri Sungai Raya 1
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.826Kata Kunci:
Karakter, Peduli sosial, Siswa;, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang karakter peduli sosial pada siswa sekolah dasar sebagai salah satu diantara 18 nilai karakter bangsa yang penting dimiliki siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, metode yang digunakan adalah metode statistik deskriptif, sedangkan alat pengumpul data menggunakan angket, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Sungai Raya 1, sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Raya 1. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepedulian sosial siswa SDN Sungai Raya 1 paling banyak berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 35%, disusul dengan kategori kepedulian sosial sangat tinggi sebesar 30%, kemudian kategori kepedulian sosial sedang sebesar 25%, dan yang paling sedikit yaitu pada kategori kepedulian sosial rendah sebesar 10%.
Referensi
Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2016). The Implementation of Character Education Model Based on Empowerment Theatre for Primary School Students. Journal of Education and Practice. Volume 7, No.1, 26-29.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmiatun, S, D., (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Kim, K. (2018). How Character Education Impacts Teachers. International Journal of Multi-disciplinary Perspectives in Higher Education (online). Volume 3, No. 1. (https://www.ojed.org/index.php/jimphe/article/view/632, diakses 1 Februari 2024
Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter : Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT Rafika Aditama.
Lickona, T. (2016). Educating For Character: Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Si-kap Hormat Dan Tanggung Jawab. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mislia, M., Alimuddin, & Manda, D. (2016). The Implementation of Character Education through Scout Activities. International Education Studies (online). Volume 9, No. 6. (https://www.researchgate.net/publication/303594566_The_Implementation_of_Character_ Education_through_Scout_Activities, diakses 1 Februari 2024
Pradhan, R. K. (2009). Character, Personality and Professionalism. Social science interna-tional (online). Volume 25. (https://www.researchgate.net/publication/308606096_Character_Personality_and_Professionalism, diakses 30 januari 2024
Sudirman. (2019). The 21st-Century Teacher: Teacher’s Competence Within the Character Education Framework Towards A Cultural-Oriented Development and Promoting Tolerance. International Education Studies (online). Vol. 12, No. 8. (https://ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/0/40275, diakses 30 Januari 2024
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sulistyarini, Utami, T., & Hasmika. (2019). Project Citizen Model as Character Education Strengthening. Journal of Education, Teaching, and Learning (online). Volume 4, No.1. (https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JETL/article/view/1023, di-akses 30 Januari 2024
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Noor
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.