Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Kreativitas Saat Pembelajaran Jarak Jauh Di SDN Penggalaman 1

Penulis

  • Tati'ah Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.285

Kata Kunci:

karakter, Kreatifitas, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstrak

Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan karakter kreativitas siswa saat pembelajaran jarak jauh di SDN Penggalaman 1. Penelitian dilakukan di SDN Penggalaman 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian ini ialah studi kasus. Responden dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) orang guru kelas sebagai data utama. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ternyata guru memiliki kendala dalam mengembangkan karakter kreativitas siswa saat pembelajaran jarak jauh. Kendala yang dialami guru ialah jaringan yang kadang-kadang tidak stabil untuk daerah perdesaan, borosnya paket kouta, penuhnya memori handphone karena tugas di kirim siswa melalui WhatsAppGrup (WAG), dan juga kurangnya pemahaman orang tua siswa tentang pelajaran dan teknologi. Karakter yang sering guru kembangkan ialah mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar, mengajak siswa untuk bisa mandiri dalam mengerjakan tugas yang guru berikan, menghimbau siswa untuk tepat waktu dalam mengirim tugas, mengajak siswa untuk selalu bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan. Kreativitas yang guru kembangkan seperti mengajak siswa untuk membuat seni kolase (tempel) tetapi menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar.

Referensi

Fauzi Achmad. & Ubaidillah, E.A., (2016). Profesi Keguruan Upaya dan Kiat-Kiat Menjadi Guru Yang Sukses dan Profesional. Yogyakarta.

Campbell.(2015) Model Multiplate Inteligences Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta.UT.

Fitri Aida Penni. 2021. Pembelajaran Daring Di Kelas I SDN 13/1 Muara Bulian.Jambi. Universitas Jambi.

Fitriyah Chasanatun. 2018. Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Barat. IAIN Purwokerto.

Huda Khairul & Munastiwi Erni. 2020. Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Di Era Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan Glasser, (Online), Jilid 4, No.2, (http:/lonsuit.unismuhluwuk.ac.id, diakses 23 April 2021)

Mulfajril Restu. 2021. Strategi Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi. Universitas Jambi.

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung Alfabeta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28 — Diperbaharui pada 2022-04-28

Versi

Cara Mengutip

Tati'ah. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Kreativitas Saat Pembelajaran Jarak Jauh Di SDN Penggalaman 1. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 24–29. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.285

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.