SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN KELAYAN SELATAN 8 BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v15i1.298Kata Kunci:
Supervisi akademik, Kompetensi pedagogik guruAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Supervisi Akademik Kepala Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Kelayan Selatan 8 Banjarmasin. metode penelitian dengan menggunakan metode dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan kompetensi pedagogik dilaksanaakan dengan : (1) perencanaan program supervisi akademik dilakukan dengan berkoordinasi bersama guru senior; 2) pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas dan observasi ; 3) menyediakan waktu dan peluang untuk berdialog serta membantu guru memahami dan memecahkan masalah pendidikan yang dihadapi para guru terutama yang berhubungan dengan maslah metodologi mengajar, pengelolaan kelas dan pembinaan karakter siswa. (4) adanya monitoring dan tindaklanjut pasca pelaksanaan supervisi akademi secara intesnsif, baik langsung dikasanakan oleh kepala sekolah maupun guru senior sebagai tim pelaksana supervisi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Achmad Fauzi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.