Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Siswa Kelas 5 SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala

Penulis

  • Noorbadiah SDN Semangat Dalam 2

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.353

Kata Kunci:

Berbicara, Kooperatif, Role Playing

Abstrak

Ketuntasan masih belum dicapai untuk hasil belajar keterampilan berbicara. Salah satunya adalah siswa merasa kejenuhan karena kurangnya motivasi dalam pembelajaran, tidak percaya diri berbicara didepan umum dan Kepasifan yang menyebabkan pembelajaran kurang bermakna sehingga berimbas pada hasil belajar tidak maksimal. Untuk memotivasi, mengaktifkan dan membuat siswa percaya diri yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing, digunakan dengan berkelompok melalui bermain drama dapat membuat siswa termotivasi, lebih aktif dan siswa lebih percaya diri berbicara kedepan kelas. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), setting di SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala, kelas 5 semester 2 berjumlah 23 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 8 perempuan. Faktor yang diteliti adalah faktor guru, siswa, dan hasil belajar. Analisis data menggunakan data kualitatif, yaitu observasi saat proses pembelajaran berlangsung dan data kuantitatif, yaitu hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru Siklus 1 pertemuan 1 mencapai kategori baik dengan memperoleh skor 24 (75%) meningkat hingga memperoleh skor 31 (97%) pada akhir siklus 2. Aktivitas siswa juga meningkat pada setiap pertemuannya, untuk aktivitas siswa pada akhir siklus 2 pertemuan 2 mencapai persentase 85,8% dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan. Pada siklus 1 pertemuan pertama mencapai (39,1%) dan kedua (65,2%). Pada siklus 2 pertemuan 1 mencapai (82,6%), dan pertemuan 2 mencapai (100%). Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa karena pelaksanaan model ini dapat memotivasi siswa lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta mampu merangsang minat siswa dalam pembelajaran.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006, Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD/MI. Jakarta: P.Dharma Bhakti.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. (2013). Model – Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi Paikem. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Propesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Santosa, Puji, dkk. (2008). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sardiman, (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suriansyah, Ahmad, dkk. (2010). Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Unlam.

Suriansyah, Ahmad. (2013). Panduan Penulisan Karya Ilmiah Program PG-PAUD dan PDSD Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin: Unlam.

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Noorbadiah. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Siswa Kelas 5 SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 38–44. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.353

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.