Efektivitas Pembelajaran Tematik Dan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bangkal

Penulis

  • Agus Dian Mawardi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Masitoh Ambraini Aritonang Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.360

Kata Kunci:

efektivitas;pembelajaran tematik;role playing;hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik dan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bangkal tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel menggunakan teknik non probabiity sampling yaitu dengan sampling jenuh dimana sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas III. Jenis desain penelitian ini menggunakan metode Komparasi, yaitu membandingkan hasil  belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran role playing. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata dan uji t. Nilai rata-rata sebelum diterapkannya model pembelajaran role playing yaitu sebesar 77, sedangkan nilai rata-rata sesudah diterapkannya model pembelajaran role playing yaitu sebesar 88. Selanjutnya, hasil perhitungan dari uji t yaitu membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (=6.29) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (=1.72 dan =2.51) maka dapat diketahui bahwa lebih besar dari pada yaitu: 1.72 lebih kecil dari 6.29 lebih besar dari 2.51. Dari perhitungan tersebut, maka hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran role playing. Ke-simpulan yaitu secara meyakinkan dapat dikatakan model pembelajaran role playing menunjukkan efektivitas yang nyata; dalam artian model pembelajaran role playing dapat diandalkan sebagai model pembelajaran yang baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Referensi

Abubakar, R. (2021). Pengantara Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKAPress UIN Sunan Kalijaga

Ananda, R. & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Asrul, Ananda.R, Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka.

MediaAswan. (2016).Strategi Pembelajaran Ber-basis PAIKEM. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Dewi, T.A & Wardani, N.S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD”. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA). Vol.2 No.1 Hal.234-242.

Fauzi, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Menela’ah dan Mengkaji Teori, Model-Model, Konsep Belajar dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media.

Hardani, I. & Puspitasari, D. (2017). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Hardini, I. & Puspitasari, D. (2017). Strategi PembelajaranTerpadu (Teori, Konsep & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Hertama, S.I, Marli, S., & Kartono. K. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol.9 No.7.

Juanda, A. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu: Teori & Praktik Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis. Cirebon: CV. CONFIDENT.

Mardalena, Dwi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SekolahDasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol.7 No.1 Hal.128-136.

Masykur, R. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Lampung: AURA CV. Anugrah Utama Raharja.

Mukni’ah. (2016). Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum (K-13). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Dan Praktek). Medan: CV. Widya Puspita.

Ngalimun. (2018). Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parana Ilmu.

Putri, U.H. (2019). Efektivitas dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Rejeki, L.S. (2021). Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Tematik Da-lam Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas SDN Sidokerto 02 Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020” Journal of In-dustrial Engineering & Management Research.Vol.2 No.2 Hal.43-52.

Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pen-didikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:ALFABETA,CV.

Yusuf, B.B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol. 1 No.2 Hal 13-20

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Mawardi, A. D., & Aritonang, M. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Tematik Dan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bangkal. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 70–76. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.360

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.