Analisa Pembelajaran Kooperatif Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.477Kata Kunci:
Pembelajaran, Pembelajaran Kooperati, MahasiswaAbstrak
Kondisi Pembelajaran memilki beragam kegiatan yang bervariasi dan beragam, layanan pembelajaran yang digunakan pada saat perkuliahan masih banyak mengalami kendala. Model pembelajaran kooperatif yang merupakan salah satu system pembelajaran yang mendukung dan memberikan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara demokratis serta bertanggung jawab. Namun pada kenyataannya masih ada yang memberikan layanan pembelajaran yang seadanya. Maka dari itu penulis ingin mengkaji tentang analisa pembelajaran kooperatif pada mahasiswa. Tujuannya untuk membuat pembelajaran yang lebih inovatif memfasilitasi mahasiswa mengembangkan pengetahuan dan ketermapilan dalam rangka mencapai tujuan pembalajaran. Pembelajaran kooperatif memiliki enam langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Penelitian ini betujuan mengetahui analisa pembelajaran kooperatif pada mahasiswa. Aktivitas pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh dosen, mahasiswa dan mahasiswi. Jenis penelitian kualitatif. Pada mahasiswa mahasiswi FKIP PGSD semester 7 tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah mahasiswa 3 orang dan mahasiswi dengan jumlah 15 orang.
Referensi
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slavin, Robert. (2015).Cooperative Learning.Bandung:Nusa Media.
Suriansyah, Ahmad, H.Sulaiman, Hj.Aslamiah, Noorhafizah. (2014) Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Wardani, dkk, (2014) Perspektif Pendidikan SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Amalia Rizkina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.