Metode Guru BK Dalam Mengatasi Masalah Penyesuaian Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus

(Studi Kasus pada Siswa dengan Autisme di SLB Harapan Bunda Banjarmasin)

Penulis

  • Dewy Nurchaifa Pebriany Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.363

Kata Kunci:

Metode, Penyesuaian Diri, Autisme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode yang dilakukan guru BK dalam mengatasi permasalahan penyesuain diri pada siswa dengan autisme di SLB Harapan Bunda Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif (studi kasus). Subjek penelitian ialah guru BK dan siswa dengan autisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah penyesuaian diri siswa dengan autisme meliputi kurang mandiri, cenderung kaku, dan egosentris. Metode guru BK dalam mengatasi permasalahan penyesuaian diri subjek yaitu dengan metode bimbingan khusus. Metode bimbingan khusus dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu metode kelompok (metode ceramah, metode demonstrasi/ praktik, metode drill, dan karya wisata) dan metode individu (metode tanya jawab dan metode penugasan).

Referensi

Ardy, W. N. (2014). Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hadis, A. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus-Autistik. Bandung: Alfabeta.

Jenny, T. (2010). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mutmainah, S. U. (2005). Metode Bimbingan Agama Islam Pada Tunarungu di SLB PGRI Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Nevid, dkk. (2002). Psikologi Abnormal Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Nuryanti, L. (2008). Psikologi Anak. Yogyakarta: PT Mancanan Jaya Cemerlang.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. (Padang: FIP-UNP.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Pebriany, D. N. (2022). Metode Guru BK Dalam Mengatasi Masalah Penyesuaian Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus: (Studi Kasus pada Siswa dengan Autisme di SLB Harapan Bunda Banjarmasin). Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 95–99. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.363

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.