Comparative Study Talking Stick dan Joyfull Learning : Mana Yang Lebih Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar?
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.767Kata Kunci:
Comparative Study, Joyfull Learning, Learning Method, Talking StickAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan metode pembelajaran mana yang lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaif berjenis eksperimen dengan tipe one group-compartive study. Hasil penelitian menunjukkan bhawa metode talking stick mampu meningkatkan motivasi belajar sebesar 3,5 poin dengan hasil uji paired sample t-test 0,309 > 0,05 dan metode joyfull learning mampu meningkatkan sebesar 7,1 poin dengan hasil uji paired sample t-test 0,047 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa metode joyfull learning lebih berpengaruh dibandingkan talking stick dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Referensi
Afni Hidayanti, N., Dwi Saputra, A., Fadil, A., & Tauhid, I. (2023). PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH PALEMBANG. Limas PGMI, 4(2). https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i2.21124
Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071
Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif (1 ed., hlm. 376). Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori. Jakarta: UHAMKA Press.
Dietrich, J., Schmiedek, F., & Moeller, J. (2022). Academic motivation and emotions are expe-rienced in learning situations, so let’s study them. Introduction to the special issue. Learning and Instruction, 81, 101623–101623. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2022.101623
Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (hlm. 111). Pare-pare: CV. Kaffah Learning Center.
Fachri, M., Wahid, A. H., Baharun, H., & Lailiyah, K. (2020). JOYFUL LEARNING BERBASIS HYPERCONTENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH. 4(2), 170–184. https://doi.org/10.33650/edureligia.v4i2.1579
Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (9 ed.). Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Harapan, U. P., & Sudibjo, N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19 Dyah Lukita. Akademika, 10(1). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01
Hasan Afini Maulaya, F., Aziz, A., Maulidi Noviantoro, K., Ilmu Pengetahuan Sosial, T., Tadris Umum, F., Islam Zainul Hasan Genggong, U., … Jawa Timur, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3708
Hikmah Negeri, N. S. (2021). Application of the Talking Stick Methode to Increase Student Learning Motivation. 4(6). Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/shes
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis (1 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hutagalung, J., Situmorang, J., & Sardjijo, S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7748–7761. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4003
Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847–1854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059
Matondang, A. (2018). PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR. 2(2).
Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 (2 ed., hlm. 412). Jakarta: Kencana.
Prinotama, A. N., Larasati, D. A., & Roosyanti, A. (2019). Pengaruh Joyfull Learning terhadap Motivasi Belajar di SDN Karah I Surabaya. 1(1), 96–105. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i01.727
Rizky, M., Jadidah, I. T., Eprilia, W., Shawmi, A. N., & Dwi, A. (2024). Seberapa Besar Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Hasil Belajar Siswa SD/MI? . . Vol., 4(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2530
Rizky, M., Maryamah, M., Putra Pratama, M. A., & Desilawati, D. (2023). Revitalisasi Pendidikan: Pengaruh Metode Pembelajaran Nabi Muhammad Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Era 5.0. Jurnal Basicedu, 7(5), 3072–3080. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6152
Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 145–154.
Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (1 ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2014). Instructional technology and media for learning (Tenth edit). Harlow: Pearson Education Limited.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (1 ed.). Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD (27 ed.). Bandung: Alfabeta.
Sumantri, M. S. (2019). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar (1 ed.). Depok: Rajawali Pers.
Sunarto, A., Sartika, D., Cay, S., Sumiaty, R. Y., & Nurhidayat, M. A. (2021). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DIRUMAH MASING-MASING SELAMA MASA PANDEMIC COVID-19 PADA YPMS DARUSSALAM KEDAUNG PAMULANG. Dedikasi PKM, 2(1). https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8476
Susanti Lidia. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik: Teori dan Implementasinya (1 ed.; A. Hamzah, Ed.). Malang: Literasi Nusantara.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1 ed., hlm. 310). Jakarta: Kencana.
Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (17 ed.; Tarmizi, Ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Rizky, Ayu Nur Shawmi, Agra Dwi Saputra, Ines Tasya Jadidah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.