STUDI KORELASIONAL ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN SUPERVISI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU SD NEGERI DI BANJARMASIN TIMUR

Penulis

  • Agus Dian Mawardi FKIP Unversitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v10i1.457

Kata Kunci:

Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, Produktivitas Kerja Guru, Supervisi

Abstrak

Tantangan global memerlukan guru-guru yang mempunyai produktivitas kerja yang tinggi.  Untuk itu diperlukan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Supervisi yang merupakan faktor yang memberikan bimbingan kepada guru-guru untuk meningkatkan produktivitas tersebut.  Kenyataan saat ini, adanya ketidak seragaman pengelolaan sekolah, sehingga sekolah-sekolah tersebut berbeda-beda pula hasil yang dicapai.  Selain peran Kepala Sekolah dan Supervisor, peran guru sebagai pelaksana kunci perlu mendapat perhatian serius.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional.  Sampel penelitian adalah guru SD Negeri di Banjarmasin Timur sebanyak 111 orang dengan menggunakan rumus Taron Yamane dan penarikan sampel dilakukan secara proporsional random sampling.

Hasil analisis menunjukkan bahwa: terdapat korelasi antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan produktivitas kerja guru SD Negeri di Banjarmasin Timur. Terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara supervisi dengan produktivitas kerja guru SD Negeri di Banjarmasin Timur.  Adanya hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan supervisi dengan produktivitas kerja guru SD Negeri di Banjarmasin Timur.

Unduhan

Diterbitkan

2017-04-30

Cara Mengutip

Mawardi, A. D. (2017). STUDI KORELASIONAL ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN SUPERVISI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU SD NEGERI DI BANJARMASIN TIMUR. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 10(1), 9–23. https://doi.org/10.57216/pah.v10i1.457

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.