Meningkatkan Minat Siswa Kelas XI ATP 1 SMK Negeri 1 Simpang Empat Dalam Belajar Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Melalui Metode Pembelajaran Jarak Jauh Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.482Kata Kunci:
Minat Belajar, Google ClassroomAbstrak
Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan menggunakan classroom action research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI ATP 1 SMK Negeri 1 Simpang Empat yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan persentase dan perhitungan skor perkembangan. Hasil penelitian menun-jukkan minat belajar siswa secara klasikal setelah menggunakan google classroom pada pembelajaran pembibitan dan kultur jaringan cenderung menurun. Hasil pra siklus (pretes) yang diadakan sebelum pembelajaran Siklus I diperoleh hasil dari 34 peserta didk 76,47% berada dibawah ketuntasan minimal atau belum menguasai materi penyiapan bahan tanam/ eksplan (sterilisasi eksplan), 23,53% berada di angka ketuntasan minimal dan diatasnya. Pembelajaran Siklus I diperoleh hasil dari 34 peserta didik yaitu 32,35 % masih belum menguasai materi penyiapan bahan tanam/eksplan (sterilisasi eksplan), 67.64% sudah menguasai materi yang disajikan. Setelah diperoleh hasil Siklus I maka pembelajaran dilanjutkan ke tahap Siklus II . Pada pelaksanaan pembelajaran Siklus II diperoleh hasil dari 34 peserta didik yaitu 52,94 % masih belum menguasai materi penyiapan bahan tanam/eksplan (sterilisasi eksplan), 47,06% sudah menguasai materi yang disajikan.
Referensi
https://indihome.co.id/blog/10-tantangan-belajar-daring-untuk-anak-sekolah-dan-kuliah
I Made Putrayasa, H. Syahruddin, I Gede Margunayasa. (2014). Pengeruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD Volume 2 No : 1
Kampus Guru Cikal. (April 2020). Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus Sekolah Lawan Corona
Lia Titi Prawanti dan Woro Sumarni. (2020). Seminar Nasional Pascasarjana. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Semarang.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta
Ratna Wilis Dahar. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Erlangga. Hal 141
Wina Sanjaya. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Wendy M Reinke et al. (2014). “Using Coaching to Support Teacher Implementation of Classroom-Based Interventions,” Journal of Behavioral Education 23, no. 1 p: 150–67.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Noor Hidayah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.