Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Banjarmasin

Penulis

  • Nurul Huda Fitriani Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Nadya Huda Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.359

Kata Kunci:

Rendahnya; Minat; Puisi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya minat siswa dalam menulis puisi baru di SDN Banjarmasin. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata disusun dengan kalimat. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 orang siswa. Alat penggali data dalam penelitian ini adalah wawancara dan alat penggali penunjang adalah observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa ada terdapat faktor penyebab utama rendahnya minat siswa terhadap materi puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar Negeri Banjarmasin, Peneliti menemukan beberapa faktor penyebab rendahnya minat siswa terhadap materi puisi dilihat dari hasil wawancara terdapat faktor internal yaitu motivasi, perasaan dan minat. Sedangkan dari faktor eksternal yaitu motivasi orang tua, motivasi guru, lingkungan, bahan bacaan perpustakaan. Pada hasil observasi pertama rendahnya keterampilan menulis puisi siswa. Kedua model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih konvensional yaitu sebatas ceramah dan pemberian tugas. Ketiga, kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kebanyakan siswa justru ribut dan berbicara sendiri ketika guru sedang menjelaskan materi. Kondisi keempat yang juga tidak mendukung pembelajaran keterampilan menulis puisi di kelas V yaitu minimnya penguasaan kosakata yang juga berdampak pada rendahnya keterampilan menulis puisi siswa sehingga siswa kesulitan mengungkapkan ide- ide mereka.

Referensi

Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pokoknya Menulis. Cetakan Pertama. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

A.M., Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo-Persada: Jakarta.

Belly, Ellya dkk. 2006. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntasi. Simposium Nasional Akuntasi 9 Padang.

Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Jamaludin. 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kenney, William. 1966. How to Analyze Fiction. New York: Monarch Press

Khairani, Makmun, 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Milles, Mattew dan Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Moleong, Lexy J. 2010. Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Bina Karya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sutedjo, Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif; Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Herman J. Waluyo. 2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widyasari.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Fitriani, N. H., & Huda, N. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Banjarmasin. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 65–69. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.359

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.