Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar PPKN Murid Kelas V Di SD Negeri 11 Tanjung Batu
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.680Kata Kunci:
Budaya, Literasi, Hasil, BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar PPKn Murid Kelas V Di SD Negeri 11 Tanjung Batu. Metode eksperimen dengan desain True Experimental Design Populasi sebanyak 118 orang. dengan simple random sampling didapat kelas V.a sebanyak 24 orang sebagai kelas ekperimen dan V.b sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan terdapat efektivitas yang signifikan pembelajaran mengunakan metode ada pengaruh budaya literasi terhadap hasil belajar PPKn kelas V SD Negeri 11 Tanjung Batu, hal ini dapat dilihat nilai Sig. = 0,001 lebih kecil dari alpha (α) = 0,05; dengan nilai thitung sebesar 3,515 dan nilai nilai ttabel sebesar 1,679. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau 3,515 lebih besar dari 1,679, maka tolak maka Ho ditolak dan Ha diterima
Referensi
Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi Membaca Dan Menulis. Sidoarjo: Nahason Bating Publishing.
Dwi Winarno. (2020). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriani, D., and D. A. Dewi. n.d. “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter.” Jurnal Kewarganegaraan 5(2):489–499. doi: 10.31316/jk.v5i2.1840.
Hayun, Muhammad, and Tuti Haryati. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):79–89.
Hidayat, D.R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Program Studi Bimbingan Dan Konseling , Universitas Negeri Jakarta Self-Regulated Learning of students studying online. Perspektif Ilmu Pendidikan 34(2):147–54.
Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. Jakarta: Kemendikbud.
Lestari, Frita Dwi, Muslimin Ibrahim, Syamsul Ghufron, and Pance Mariati. (2021). Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(6):5087–99. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1436.
Lisnawati, I. da. Ertinawati, and Y. n.d. Literasi Melalui Presentasi. Metaedukasi 1(1):1–12.
Nurhayati, Nana Mardiana, and Rianti. (2021). Enerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (Pbl) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca Dan Menulis Lanjut Di Kelas Iv Sekolah Dasar. 4(2):88–95.
Nusarastriya, Yosaphat Haris. (2013). Permasalahan Dan Tantangan Guru Pkn Menghadapi Perubahan Kurikulum 2013. Satya Widya 29(1):23. doi: 10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p23-29.
Rasidi, Hetty Purnamasari, and Soubar Isman. (2022). Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas VIII Di Mts Saiful Ulum Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran 3(2):41–50. doi: 10.37859/eduteach.v3i2.2485.
Rohim, cahya dhina, and S. Rahmawati. n.d. Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6(3):2.
Safira, Tia, Muhammad Tahir, and Baiq Niswatul Khair. (2022). Penerapan Budaya Literasi Di SDN 28 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2):374–80. doi: 10.29303/jipp.v7i2.475.
Sangid, Ahmad, and Ali Muhdi. (2020). Budaya Literasi Di Pesantren: Belajar Dari Santri Nurul Ummah, Kotagede, Jogja. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Yani, Ahmad. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini Abstrak. 5(1):1–13. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.503.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ririn Sundari, Adrianus Dedy, Allen Marga Retta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.