Peran Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di SMP Negeri 1 Pengaron

Penulis

  • Maria Ulfah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.556

Kata Kunci:

Peran, Tenaga Administrasi Sekolah, Mutu Layanan Administrasi Sekolah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana tenaga administrasi  dapat  meningkatkan  mutu  standar  pelayanan  administrasi sekolah di SMP Negeri 1 Pengaron dan kontribusi  anggota  staf  administrasi  terhadap  standar  layanan  yang  lebih  tinggi. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan  metode penelitian kualitatif. Pembahasan  penelitian  ini  menghasilkan  kesimpulan  bahwa  staf  administrasi  memainkan peran penting dalam memastikan operasi sekolah yang efisien dan efektif juga dalam proses sistematis untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi yang disediakan oleh sekolah. Sedangkan kualitas layanan administrasi  pendidikan  mengacu  pada  seberapa  baik  semua  hal  yang  berkaitan  pada  administrasi pendidikan di sekolah.  Proses ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan administrasi yang cermat, serta melakukan upaya-upaya lainnya yang berhubungan dengan tugas peranan  dari  tenaga  administrasi  sekolah,  sehingga  dapat  membantu  kelancaran  proses  pendidikan disekolah.

Referensi

Anonim. (2007). Pengelolaan Laboratorium Fisika Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Burhanuddin, Yusak. (2009). Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Media.

Gaspersz, Vincent. (2006). Total Quality Management: Untuk Praktisi Bisnis dan Industri, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2006.

Mahmud,Hilal. (2015). Administrasi Pendidikan. Makassar : Aksara

Maryani, Idha. (2012). Pengelolaan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMP 1 banguntapandan SMP 1 Pandak Kabupaten Bantul.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Qodratilah, Meity Takdir. (2011). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: KTD

Sagala, Syaiful. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-26

Cara Mengutip

Ulfah, M. . (2023). Peran Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di SMP Negeri 1 Pengaron. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(1), 23–26. https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.556

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.