Dampak Pemilihan Jurusan Terhadap Motivasi Siswa SMK Negeri 1 Banjarbaru

Penulis

  • Tatiah FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.654

Kata Kunci:

Dampak, Pemilihan Jurusan, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang telah peneliti lakukan di SMK Negeri 1 Banjarbaru yang menunjukkan masih banyak peserta didik yang mengalami dampak pemilihan jurusan terhadap motivasi belajar khususnya kelas XI Kriya Keramik. Hal ini ditunjukan dengan adanya perilaku siswa yang malas-malasan saat proses pembelajaran dan melanggar beberapa peraturan sekolah seperti bolos saat jam belajar. Informan dalam penelitian ini yaitu 6 orang siswa, wali kelas XI Kriya Keramik dan guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemilihan jurusan terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Banjarbaru. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Cara penggalian data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi dan wawancara, setelah itu di cek dengan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Cara analisis data dalam penelitian ini yaitu 1). Reduksi data, 2). Penyajian data, dan 3). Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas XI Kriya Keramik mengalami dampak pemilihan jurusan terhadap motivasi belajarnya. Dampaknya tersebut yaitu siswa malas-malasan dan kurang bersemangat saat proses pembelajaran, sering bolos, dan tidak mengerjakan tugas-tugas sekolah disebabkan oleh jurusan yang mereka jalani tidak sesuai dengan kemauannya. Motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Banjarbaru khususnya kelas XI Kriya Keramik yaitu masih tergolong sangat rendah dan masih banyak siswa yang belum termotivasi dalam belajarnya.

Referensi

Andriani, R. (2019). Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran .Volume 4, No 1. (http://www.singkawang.ac.id). diakses 14 Agustus 2023

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Elistri, Wahyudi, Supardi. (2014). Penerapan Metode SAW dalam Sistem Pendukung Kepu-tusan Pemilihan Jurusan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma. Bengkulu: Jurnal Media Infotama. Volume 10 No. 2 (http://www.bengkulu.ac.id), diakses 25 Juli 2023.

Hamzah B. U. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Siyoto. S. Sodik. M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta.

Wibowo, H. (2013). Pengaruh Minat Pemilihan Program Keahlian dan Keadaan Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK MUHAMMADIYAH 1 Bantul. Bantul. Jurnal Ilmu Budaya. Volume 11, No 2 (http://www.bantul.ac.id) diakses 2 Agustus 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-02

Cara Mengutip

Tatiah, T. (2023). Dampak Pemilihan Jurusan Terhadap Motivasi Siswa SMK Negeri 1 Banjarbaru. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(2), 65–73. https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.654

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.