Upaya Meningkatkan Disiplin Guru SMKN Bukapiting Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Tahun Pelajaran 2022/2023

Penulis

  • Simon dg. Laumakiling SMKN Bukapiting Kabupaten Alor Provinsi NTT

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.484

Kata Kunci:

Disiplin, Mengajar, Reward, Punishment

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah ingin mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar dikelas melalui penerapan Reward and Punishment. Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap Kepala sekolah, guru di SMK Negeri Bukapiting Kecamatan Alor Timur Laut Kabupaten Alor Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023. Rancangan penelitian adalah rancangan penelitian tindakan sekolah yang alurnya, yaitu membuat siklus  yaitu dari rencana tindakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi pelaksanaan tindakan  selama dua  siklus. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan mengambil keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan secara spiral dalam siklus-siklus sampai siklus kedua. Hasil penelitian bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa penerapan Reward and Punishment selama dua siklus. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam Menyusun program sekolah, melaksanakan, membuat administrasi, melaksanakan evaluasi hingga pada  kedisiplinan masuk kelas, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SMK Negeri Bukapiting Kecamatan Alor Timur Laut Kabupaten Alor. Hasil Penelitian menunjukkan pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and punishment kepada guru.

Referensi

Akhmad Sudrajat, (2010) Manfaat Prinsip dan Asas Pengem-bangan Budaya Sekolah. [On Line]. Tersedia : http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/03/04/manfaat-prinsip-dan azas pengembangan budaya sekolah.

Amstrong. Michael, (1991). Mana-jemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Anwar Prabu Mangkunegara. (1994). Psikologi Perusahaan. Bandung: PT.Trigenta karya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pen-dekatan Prak-tek.Jakarta;Rineka cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung; Alfa Beta.

Bambang Nugroho. (2006). Reward dan Punishment. Bulletin CiptaKarya, Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 ten-tang Sistem Pendidikan Na-sional.Jakarta. Depdiknas.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktik Pengembangan Ku-rikulum Tingkat Satuan Pen-didikan (KTSP). Jakar-ta:Kencana Prenada Media Group.

Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran [On Line]. Tersedia : http://subagio- suagio.blogspot.com/2010/03/kompetensi-guru-dalam meningkatkan-mutu.htm.

Syamsul Hadi, (2009). Kepemimpi-nan Pembelajaran, Makalah Disampaikan ada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pem-belajaran.

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pening-katan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kepen-didikan

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Laumakiling, S. dg. . (2022). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru SMKN Bukapiting Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Tahun Pelajaran 2022/2023. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 29–37. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.484

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.