Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Paper Mode Quiz-izz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 78 Palembang

Penulis

  • Fifit Pitaloka* PGSD, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Makmum Raharjo PGSD, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Rudiansyah PGSD, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.824

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdifensiasi, Paper Mode Quizizz, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta ddik pada pembelajaran IPAS kelas IV melalui Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan Paper Mode Quizizz di SD Negeri 78 Palembang. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Pada pra-siklus, persentase ketercapaian peserta didik mencapai 44,88%. Pada siklus I persentase ketercapaian peserta didik yaitu 73,45%. Dan pada siklus II persentase ketercapaian peserta didik hampir mencapai sempurna dengan persentase 93,86%. Ini berarti penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan Paper Mode Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS.

Referensi

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Rele-vansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Amalia, K., Rasyad, I., Gunawan, A., & Surabaya, U. N. (2023). Differentiated Learning as Learning Innovation. 5(2), 185–193.

Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pen-didikan Profesi Guru, 2.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembela-jaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126.

Dhahana Aris Saputra, Aryo Andri, & Joko Sulianto. (2023). Analisis Penerapan Pembelaja-ran Diferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Pe-sertaDidik Di Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1570–1582.

Fadillah, A. (2016). ANALISIS MINAT BELAJAR DAN BAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar De-wantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015–1025.

Jelita, A dan Putra, E. D. 2021. Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Qalamuna,13(2), 429-442.

Naldi, W., Suryadi, S., R, G. A., Herman, T., & Dwiana, R. (2023). Pembelajaran Ber-diferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5224–5231.

Pristiwanti., dkk. 2022. Memahami Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6):7911-7915.

Rizkika Eprina, S., Witono, H., Lestari, S., Prajabatan, P., & Keguruan, F. (2023). Pening-katan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Bangun Datar Dengan Me-dia Quizizz Mode Kertas Kelas 4 SD Negeri 33 Mataram. Journal of Science Instruc-tion and Technology, 3(1), 73–78.

Sukadari. 2020. Pembelajaran Tematik untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kelas Rendah. Jurnal Bimbingan dan Konseling G-Couns, 4(2):339-351.

Utami, W. D., Rahma, S. B., & Anggraini, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23– 28.

Winarsih, & Nisa, A. F. (2023). Paper Mode Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelaja-ran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 23, 112–123.

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Pitaloka, F., Raharjo, M., & Rudiansyah. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Paper Mode Quiz-izz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 78 Palembang. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 273–280. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.824

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.