Efektivitas Tutor Numerasi Kampus Mengajar Pada Siswa Kelas 5 Di SDN Sepakat Bersama

Penulis

  • Annisa Meilida* universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Nor Lila Sari Universitas Nahdlatul Ulama

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.838

Kata Kunci:

Efektivitas, Tutor Numerasi, Kampus Mengajar

Abstrak

Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas tutor numerasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari program kampus mengajar angkatan 7 khususnya pada siswa kelas 5 di SDN Sepakat Bersama serta menggali informasi dengan cara observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru pamong dan mahasiswa kampus mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus observasi dengan pendekatan kualitatif dengan fokus studinya pada suatu organisasi tertentu dalam hal ini adalah kegiatan sekolah yaitu tutor literasi. Hasil dari penelitian ini yaitu tutor numerasiyang difokuskan pada siswa kelas 5 berjalan dengan baik dan memberikan manfaat seperti : kenaikan nilai AKM dari hasil pre-tes sebesar 68 menjadi 80 setelah dilakukan post tes AKM numerasi, meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika.

Referensi

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Sukabumi: CV. Jejak.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 210-220.

Dewi, M. (2023). Metode Penelitian Research is Fun. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Enzelina, P., Pangaribuan, F., Tampubolon, S., Rahmatullah, M. I., & Samosir, A. (2022). Meningkatkan Literasi dan Numerasi serta Adaptasi Teknologi diSDN 14 Talang Muandau melalui Program Kampus Mengajar. Tridharmadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 78-83.

Fadhallah, R. (2020). Wawancara. Jakarta: UNJ PRESS.

Kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. (diakses pada tanggal 6 September 2024).

Kemendikbud. (2021). Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar.Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kunandar. (2012). Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Pening-katan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1535-1541.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemam-puan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 54-62.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numer-asi di Masa Pandemi Cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 253-261

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. METODE DIDAKTIK: Jurnal Pen-didikan Ke-SD-an, 102-107 www.zonanulis.com. (diakses pada tanggal 6 September 2024.

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Meilida, A., & Sari, N. L. (2024). Efektivitas Tutor Numerasi Kampus Mengajar Pada Siswa Kelas 5 Di SDN Sepakat Bersama. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 320–332. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.838

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.