Efektivitas Penggunaan Media Whatsapp Pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di SD Negeri Paliat Kecamatan Kelua Kebupaten Tabalong
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.507Kata Kunci:
Efektivitas, Media Whatsapp, Pembelajaran dalam Jaringan.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana efektivitas penggunaan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran daring di SD Negeri Paliat Kecamatan Kelua kabupaten Tabalong. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif metode deskriptif. Alat penggali data yang digunakan adalah kuesioner, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik pendalaman kajian (Verstegen). Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media whatsapp pada pembelajaran dalam jaringan (daring) di SD Negeri Paliat Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong telah memenuhi ciri-ciri sebagai media pembelajaran yang efektif yaitu bermanfaat dalam proses pembelajaran, berpengaruh positif terhadap hasil pembelajaran daring, dan berkesan bagi guru dan siswa. Oleh karena itu, penggunaan media whatsapp efektif dalam pembelajaran daring di SD Negeri Paliat Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong. Saat Pembelajaran daring hendaknya guru dan siswa menggunakan kartu perangkat handphone (HP) dengan sinyal yang stabil dan memilih lokasi dengan ketersediaan sinyal yang baik. Apabila terjadi hambatan dalam pembelajaran daring yang disebabkan oleh memori HP yang penuh, dapat diatasi dengan menghapus pesan yang sudah tidak penting pada whatsapp secara berkala. Cara lain yang dapat digunakan adalah memindahkan atau menyimpan file materi atau tugas pada kartu memori lain atau flashdisk.
Referensi
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kementrian Agama 2012.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Daheri, M., Juliana, Deriwanto, Amda, A. D. (2020) Efektifitas Whatsapp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No. 4, 2020 hal 775-783.
Dishinta, D. D. (2020). Efektifitas Penggunaan Whatsapp sebagai Media Belajar Kelas II SD Islam An Nizomi-yah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Jakarta: 7 Ok-tober 2020. Hal. 1-8.
Elianur, C. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi An-tara Pengawas dan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal As-Salam. Vol. 1(2), 2017.
Fauzi, A. (2017). Media Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media.
Hardianto,. (2005). Media Pendidikan Se-bagai Sarana Pembelajaran Yang Efek-tif.
Majalah Ilmu Pembelajaran 1. Vol. 1 Mei 2005, Hal 334.
Hutami, M. S. dan Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsaap Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD dan TK ABA Kleco Kotagede. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 9, No. 1, Januari 2020.
Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Jurnal of Nonformal Education. Vol. 2, No 1, 2016.
Iskandar, R. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik DTA At-Tawakal Kota Bandung. Jurnal COMM-EDU. Vol. 3, No. 2, Mei 2020.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., Putra D. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksa-naan Belajar dari Rumah (BDR) Sela-ma Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Penelitian Vol. 6, No 3, September 2020.
Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol. 15, No. 1, Juli 2011.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: GP Press Group.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pem-belajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 8, No 1, April 2011.
Pane, A., dan Dasopang M. D., (2017). Bela-jar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03, No. 2, Desember 2017.
Prajarto, N. (2008). Efektivitas Publisitas: Menilai Reputasi Institusi. Jurnal Ilmu Komunikasi.Vol. 6, No 2, Mei-Agustus 2008.
Prasetyaningtyas, S. (Tanpa tahun). Pelaksa-naan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 5 No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID- 19, Hal 87.
Pustikayasa, I Made (2019). Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran (Whatsapp Group As Learning). Jurnal ilmiah pendidikan, Agama dan Ke-budayaan Hindu. Vol. 10 No. 2 Tahun 2019.
Rosalina, I. (2012). Efektivitas Program Na-sional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan pada Kelompok Pinjaman Bergulir di Desa Mantren Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Unesa. Vol:01 No: 01, 0- 216.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Da-lam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Ta-hun 2020.
Suryadi, E., Ginanjar, M. H., Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Is-lam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pen-didikan Islam. Vol. 7, No. 1, April. 2018.
Thobroni, M. (2017). Belajar & Pembelaja-ran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Un-dang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1.
Yensy, Nurul Astuty. (2020). Efektivitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditin-jau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidi-kan Matematika Raflesia. Vol. 05 No. 02, Juni 2020.
Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. Vol. 1, No.2, Oktober 2017-2018.
Zakirman dan Rahayu, C. (2018). Popularitas Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Berbagai Informasi Akademik Mahasiswa. Shaut al- Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi. Vol. 10, No. 1, 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nadya Huda, Nurul Huda Fitriani, Rizka Amalia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.