Peran Guru Agama Islam Dalam Bimbingan Dan Konseling Siswa Di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak

Penulis

  • Hartati Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.18

Kata Kunci:

Guru Agama Islam; Bimbingan dan Konseling

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Bimbingan Dan Konseling Siswa di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak. Metode yang digunakan dalam penelitian metode kualitatif yang berlokasi di SDN Berangas 1 dengan subjek penelitian Guru PAI, Wali Kelas, dan 5 Peserta Didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam bimbingan dan konseling siswa di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak, menyimpulkan bahwa : 1) Guru pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting dalam membimbing peserta didik dalam membangun karakter peserta didik agar menjadi anak yang bertanggung jawab, berakhlak karimah, menangani permasalahan peserta didik yang berhubungan dengan moral, spiritual, yang sesuai dengan adab dan norma-norma dalam agama islam. 2) Dalam bimbingan dan konseling siswa di SDN Berangas 1 bahwa peranan Guru Agama hanya berperan dalam membantu Wali Kelas di sekolah dalam penanganan kasus permasalahan yang berhubungan dengan Agama Islam seperti bertanggung jawab dan berakhlak karimah.

Referensi

Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Aziz, A. (2010). Orientasi Sistem Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Teras.

Minart, S. (2018). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis-Filosofis, dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D.Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sukardi, D.K. (2008). Pengantaran Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardati dan Mohammad Jauhar. (2011). Implemensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-26

Cara Mengutip

Hartati. (2021). Peran Guru Agama Islam Dalam Bimbingan Dan Konseling Siswa Di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(2), 17–21. https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.18

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.