Pengaruh Karakteristik Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Anak Di SDN Kelayan 3 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.294Kata Kunci:
Pengaruh; Karakteristik Orang Tua; Hasil BelajarAbstrak
Tujuan Penelitian untuk mengetahui Pengaruh Karakteristik Orang tua Terhadap Hasil Belajar Anak di SDN Kelayan 3 Banjarmasin. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas I sampai dengan kelas V di SDN Kelayan 3 Banjarmasin sebanyak 265 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah sebagian orang tua siswa aktif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan porpusive sampling. Sampel penelitian yaitu orang tua siswa kelas V yang berjumlah 45 siswa. Pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah pendekatan Cross Sectional. Alat Penggali data angket dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data Studi Pustaka (Library Research) dan Studi Lapangan (Field Research). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,186 (Sig.=0,000 lebih kecil 0,05) sehingga dapat dikatakan bahwa karakteristik orang tua berdasarkan dukungan memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar anak di SDN Kelayan selatan 3 Banjarmasin.
Referensi
Ahmadi, Abu H dan Uhbiyati, Nur. (2016). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Faizi, Mastur. (2012). Tiru Cara-cara Ampuh Mendidik Anak ala Pendidikan
Orang Hebat. Jogjakarta : FlashBooks.
Ghozali, Imam, Hengky Latan. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan
Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang.
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2013), Metodologi Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
(Bandung: ALFABETA)
Sugiyono. (2014). __________________
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Hartati, M. Ihsan Ramadhan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.