STRATEGI GURU PROFESIONAL DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) TELUK DALAM 1 BANJAMASIN
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v16i2.299Kata Kunci:
Strategi Guru Mengelola, Pembelajaran DaringAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Starategi Guru Profesional Dalam Mengelola Pembelajaran Daring dimasa Pendemi Covid 19. Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Teluk Dalam 1 Banjarmasin. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi; 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa Starategi Guru Profesional Dalam Mengelola Pembelajaran Daring dimasa Pendemi Covid 19. Pada SDN Teluk Dalam 1 Banjarmasin dalah : Pertama, Dalam mengelola pembelajaran daring guru guru dan didampingi kepala sekolah membuat program dan rencana penjadwalan pembelajaran daring. Kedua, Dalam mengelola pembelajaran daring guru guru menggunakan fasilitas kantor/sekolah seperti jaringan internet Laptop dan media sosial seperti, Zoom Meeting WA, email, dan telegram serta Google Classroom. Ketiga,.Memberikan motivasi dan bimbingan secara komprehensif kepada siswa selama pembelajaran daring/ jarak jauh. Keempat, Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik sesama guru/rekan sejawat dan orang tua. Kelima. memberikan evaluasi per 3x pertemuan dan mensupervisi pembelajaran yang sudah dilaksankan agar siswa terawasi dan terjaga serta terarah dalam belajar selama Covid 19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Achmad Fauzi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.