Penerapan Media Puzzle Dalam Peningkatan Interaksi Anatara Guru Dan Peserta Didik Di SDN Kepanjen 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.747Kata Kunci:
Media Puzzle, Media, Pembelajaran, InteraksiAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan interaksi antara guru dan siswa yang terjadi dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Kepanjen 1 Jombang dengan menggunakan Media Puzzle. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas IV SDN Kepanjen 1 Jombang. Objek penelitian adalah interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran IPAS. Penerapan media puzzle untuk meningkatkan psikomotorik siswa kelas IV SDN Kepanjen 1 Jombang di latar belakangi oleh siswa tidak bersemangat dan merasa bosan saat proses pembelajaran disebabkan proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang masih kurang menarik. Sehingga perlu adanya media pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan pada pembelajaran IPA materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan oleh peneliti kuisioner/angket dan observasi yang dimana teknik ini untuk membantu peneliti. Teknik analisis untuk mengetahui interpretasi dari data yang sudah terkumpul dari hasil penelitian sebelumnya. Selain itu, data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan dan menyajikan secara jelas dan mudah di mengerti. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada saat pembelajaran IPA materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi kelas IV SDN Kepanjen 1 Jombang masih kurangnya interaksi pada saat pembelajaran berlangsung dengan mengatasi permasalahan di bantu dengan adanya media pembelajaran, peneliti menggunakan media Puzzle sebagai sarana agar terjalin interaksi. Pada saat media diterapkan menghasilkan suatu interaksi yang baik karna ketertarikan peserta didik terhadap media yang digunakan. Dengan demikian media puzzle untuk meningkatkan interaksi guru dan murid kelas IV SD layak digunakan dalam pembelajaran.
Referensi
Munajah, Robiatul. (2020). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Penggolongan Makhluk Hidup Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeru Mandalasari 2 Pandeglang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 4 No. 1
Amaliah, Diah & S. N (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 01 Nomor 2
Novianti, Pupung Rahayu (2017). Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. GOLDEN AGE, Vol. 1, No. 1
Mu’min, Sitti Aisyah & N. S. Y (2019). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. AL-TA’DIB Jurnal Kalian Ilmu Pendidikan Volume 12 Nomer 2
Fahri, Lalu Moh & L. A. H. Q (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 7, Nomor 1
Lisa, Junita Lisdia, R. A & A. J. P (2018). Analisis Interaksi antara Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume II, Nomor III
Kurniawan, Rizki, F & N (2023). Information Services Using the Small Group Discussion Learning Method to Improve Students' Interpersonal Communication Skills. Widyagogik, Vol 10. No 2.
Romizowsky, A. J (1984). Producing Instructional System, Lesson Planning for Individual-ized and Group Learning Activities (London: Kogan Page Ltd)
Wahidin, Unang (2015). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 04
Saputra, Sabarudin, T. D. R & R. S (2020). Pengembangan Puzzle Squere sebagai Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Macromedia Flash 8. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 6 (2)
Londa, Angela Herlina, Y. Y. M & B. S. (2018). Penggunaan Media Puzzle Untuk Mening-katkan Hasil Belajar Peserta didik pada pembelajaran Ipa. Journal of Elemantary School (JOES) Vol 1, No 2
Hadiat. 1980. Analisis Interaksi. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) De-partemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dediknas. 2012. Model Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta : Diktendik.
Richmond, P. V., J. S, Wrench, and J., Gorhan. (2009). Communication. Affect. and Learning in the Classroom. California: Creative Common.
Leeuwis, Cees 2004. Communication for Rural Innovation: Rethinking Agricultural Exten-sion. Blackwell Publishing, Oxford.
J. E., Kemp dan D. K., Dayton. (1985). Planning and Producing Instructional Media (Fifth Edition). New York: Harper & Row Publishers.
Julianti. (2014). Penerapan media game Puzzle untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VII SMP Negeri Malang. Malang: IKIP Budi Utomo.
Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Asian Journal of Inovation and Entrepreneurship. 2(2)
Nurpratiwiningsih, Laelia, & Mumpuni, Atikah. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. In Jurnal Kontekstual (Vol. 01).
Hastuti, Widya. (2017). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup. Jurnal Pena, 4(1)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nirmala Rahmatul Lailiya, Resdianto Permata Raharjo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.