KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN 1 LANDASAN ULIN SELATAN BANJARBARU

Penulis

  • Achmad Fauzi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31605/pah08ss2jp258

Kata Kunci:

Adiwiyata, Kepala Sekolah, Kepemimpinan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis langkah langkah kepala sekolah dalam wewujudkan sekolah adiwiyata sehingga menjadi sekolah yang ramah lingkungan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam (in depth interview) (2) observasi partisipan (participant observation); dan (3) studi dokumentasi (study documents). analisis data, dilakukan dengan cara mereduksi, mendisplay, dan memverifikasi data. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa SDN 1 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru, adalah, (1) Menciptakan lingkungan sehat yang mendukung susana belajar yang kondusip, (2) melibatkan semua pihak untuk kesiapan adiwiyata, (3) membentuk tim adiwiyata dengan semua elemen dan serta mengajak komunitas sekolah,, (4) menyediakan sarana prasarana untuk mendukung pembelajaran lingkungan hidup di sekolah serta memelihara sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan, (5) menumbuhkan sikap dan karakter peduli lingkungan pada guru, peserta didik, dan semua komunitas sekolah, (6) memberikan, menambahkan reward and punishment untuk meningkatkan motivasi dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan bagi semua warga sekolah

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-01

Cara Mengutip

Fauzi, A. (2021). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN 1 LANDASAN ULIN SELATAN BANJARBARU. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(1), 51–55. https://doi.org/10.31605/pah08ss2jp258

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.