SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN KELAYAN SELATAN 8 BANJARMASIN

Penulis

  • Achmad Fauzi FKIP Unversitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v15i1.298

Kata Kunci:

Supervisi akademik, Kompetensi pedagogik guru

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Supervisi Akademik Kepala Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Kelayan Selatan 8 Banjarmasin. metode penelitian dengan menggunakan metode dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan kompetensi pedagogik dilaksanaakan dengan : (1) perencanaan program supervisi akademik dilakukan dengan berkoordinasi bersama guru senior; 2) pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas dan observasi ; 3) menyediakan waktu dan peluang untuk berdialog serta membantu guru memahami dan memecahkan masalah pendidikan yang dihadapi para guru terutama yang berhubungan dengan maslah metodologi mengajar, pengelolaan kelas dan pembinaan karakter siswa. (4) adanya monitoring dan tindaklanjut pasca pelaksanaan supervisi akademi secara intesnsif, baik langsung dikasanakan oleh kepala sekolah maupun guru senior sebagai tim pelaksana supervisi.

Diterbitkan

2019-04-10

Cara Mengutip

Fauzi, A. . . (2019). SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN KELAYAN SELATAN 8 BANJARMASIN. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 15(1), 1–4. https://doi.org/10.57216/pah.v15i1.298

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.