Pengembangan Modul IPA Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Penulis

  • Rina Melya Pendidikan IPA FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Yudha Irhasyuarna Universitas Lambung Mangkurat
  • Sauqina Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.354

Kata Kunci:

Literasi sains, Modul, Sistem Pencernaan Manusia

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, keterbacaan dan kepraktisan modul. Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) melalui model four-D (4D) modifikasi dengan subjek penelitian 10 orang peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Prosedur penelitian ini meliputi tiga tahap, yaitu define, design dan develop. Berdasarkan hasil dari lima validator, modul mendapatkan persentase validitas isi modul 90%, validitas tampilan modul 89.58%, validitas aspek literasi sains dalam modul 93.88 %, validitas soal evaluasi dalam modul 93.90% dan validitas keterkaitan soal evaluasi modul dengan indikator literasi sains 91%. Ini artinya modul sangat valid. Keterbacaan modul berdasarkan hasil penelitian uji perorangan dan kelompok kecil berturut-turut memperoleh persentase sebesar 88% dan 92%, sedangkan keterbacaan soal evaluasi modul berdasarkan hasil penelitian uji kelompok kecil dan perorangan berturut-turut adalah sebesar 84% dan 90% yang berarti keterbacaan modul mudah. Kepraktisan modul berdasarkan hasil penelitian pada uji perorangan dan kelompok kecil berturut-turut adalah sebesar 90% dan 87.40% yang artinya modul sangat praktis.

Referensi

Nofiana, M & Julianto, T (2017). Profil kemampuan literasi sains siswa SMP di kota Purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. Jurnal sosial sains dan humaniora, 1 (2) P-ISSN: 2579-9088.

OECD. (2016). PISA 2015: Results in focus. PISA 2015.

Prayekti. (2006). Penerapan pendekatan sains dan teknologi masyarakat pada pembelajaran IPA di SD. Pena Wiyata. Jurdik & Hum. No.9 Tahun V, September 2006.

Purwanto. (2014). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharso. (2008). The use of cloze procedure to test the students reading. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S,. & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Indiana: Indiana University.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.

Ulva R.K. (2018). Pengembangan modul sistem pencernaan makanan berbasis literasi sains kelas VIII MTsN Padang Japang. Natural science journal, 4(1).

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Melya, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 45–53. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.354

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.