Meningkatkan Hasil Belajar Persamaan Trigonometri Dengan Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Dengan Latihan Drill Pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Pulau Petak Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.663Kata Kunci:
Auditory Intellectual Repetition, Hasil belajar, Persamaan TrigonometriAbstrak
Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA dengan teknik total sampling dengan menggunakan pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Dengan Latihan Drill Pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Pulau Petak Tahun 2022. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh data siklus I nilai rata-rata 74,17 dengan ketuntasan 19 orang yang tuntas atau 79%, dan 5 orang tidak tuntas atau 21%, yang dilaksanakan dua kali pertemuan dengan ketuntasan masih dibwah 85%. Revisi pada refleksi pada pembelajaran pada pelaksanaan siklus II yang dilaksanakan pada pembelajaran siklus II yang sudah dirancang pada refleksi siklus I sehingga lebih terarah dan evaluasi akhir dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata 80,21 dengan ketuntasan 100%. Dengan hasil yang diperoleh dari siklus I dan II maka pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Dengan Latihan Drill pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Pulau Petak Tahun 2022 dinilai berhasil dengan baik.
Referensi
Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan model pembelajaran Auditory, In-tellectually, Repetition (AIR) dengan pendekatan lesson study terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1-6.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 252-259.
Huda, Miftahul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Luthfiana, M., & Wahyuni, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectual-ly, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Ma-tematika: Judika Education, 2(1), 50-57. Suherman, Erman, dkk. 2001. Strategi Pem-belajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.
Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellec-tually Repetition (AIR) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 158-162.
Meirawati, F. (2009). Skripsi - Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellec-tually Repetition Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parompong Kabupaten Bandung. Bandung: FKIP UNPAS.
Rahayuningsih, S. (2017). Penerapan model pembelajaran matematika model auditory intel-lectually repetition (AIR). Erudio Journal of Educational Innovation, 3(2), 67-83.
Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory in-tellectually repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87-96.
Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz media.
Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rini Rahayu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.