Manajemen Peserta Didik Dalam Mengatasi Dampak Kecanduan Game Online Pada Siswa Di SDN Pangeran 1 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.678Kata Kunci:
Manajemen Peserta Didik, Dampak Kecanduan Game OnlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana manajemen peserta didik dalam mengatasi Dampak Kecanduan Game Online Pada Siswa Di SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Dan juga jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi buku, data siswa, dokumentasi, jurnal, website. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara terstruktur terhadap Kepala Sekolah, wali kelas, guru BK, Waka kesiswaan, Waka humas, Waka kurikulum serta siswa di SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini adalah Manajemen peserta didik dalam Mengatasi Dampak Kecanduan Game Online pada siswa SDN Pangeran 1 Banjarmasin dengan melakukan teknik pembinaan disiplin siswa dengan melihat fenomena - fenomena anak kecanduan bermain game online melalui pembatasan bermain hp android, menyita hp di sekolah, melarang membawa hp ke sekolah serta mengadakan rapat dengan guru bk dengan menggunakan motivasi eksternal kepada siswa tersebut. Dan juga menggunakan teknik (POACE) (Planning, Organizing, Actuating, Controling, Dan Evaluating).
Referensi
Aan, Komariah dan Triatna, Cepi. (2005). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Ja-karta: Balai Pustaka
Badruddin. (2014). Manajemen Peserta didik. Cet. I, Jakarta : Permata Putri Media.
Bungin, Burham. (2003). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
http://etheses.iainkediri.ac.id/6606/ di akses pada tanggal 10 Oktober 2023
https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/1121 di akses pada tanggal 10 Oktober 2023
Rini, A. (2011). Menanggulangi Kecanduan Game Online Pada Anak. Jakarta: Pustaka Mina.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Maria Ulfah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.