Strategi Kepala Madrasah Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa MI Nurul Ulum Teluk Tiram Darat Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.372Kata Kunci:
Kepala Madrasah, Strategi Membina AkhlakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kepala Madrasah Dalam Membina dan membentuk Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Tiram Darat Banjarmasin, sehingga menjadi Madrasah yang berkarakter Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi; 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa Strategi Kepala Madrasah Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Ibtidai-yah Nurul Ulum Tiram Darat Banjarmasin, adalah (1) Membiasakan semua siswa untuk mengerjakan hal hal yang terpuji di ling-kungan madrasah. (2) Memberikan bimb-ingan dan nasehat dalam semua kegiatan pos-itif di Madrasah. (3) Memberikan Suri-Tauladan yang baik. (4) Menjaga Siswa Dari Perbuatan Tercela Menciptakan Lingkungan madrasah yang Edukatif. (6) Menjalin Ker-jasama Dengan Orang Tua Siswa, dan ke (7) Memberikan Hukuman Bagi Siswa yang Melanggar ketentuan dan tata tertib Madrasah.
Referensi
Hasan, Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah, (Vol. 3, No. 2, tahun 2018).
Bogdan, R.C., & Biklen, S. K,. Qualitative Research for Educatioan: An Introduction to Theory and Methods. (Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982)
Abdullah Nasih Ulwan, Pedoman Pendidi-kan Anak Dalam Islam, Terj Sefullah Kama-lie Dan Hery Noer Ali, Jilid 2, (Semarang: Asy-Syifa, Tt), hlm. 44
Darwis, Djamaluddin. Dinamika Pendidikan Islam, Sejarah, Ragam, dan Kelembagaan. Semarang: Rasail. 2006.
Fauzi. Achmad. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Sebuah Konsep, Teori dan Ap-likasinya di Sekolah (Yogyakarta Penernit K-Media, 2016)
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Penerbit : Alfabeta, 2008
Miles, M. B. and Hubberman, A.M, Analisis Data Kualitatif Tentang Metode-metode Ba-ru. (Terjemahan, Tjejep Rohidi,Jakarta: UI-Press. 1992)
Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidkan Nasional (SISDIKNAS). Penerbit : CITRA UMBARA Bandung.
E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profe-sional. (Bandung:.Remaja Rosdakarya. 2005),
Nata, Abudin. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Pers. 2014.
Nata, Abuddin., Ilmu Pendidikan Islam. Ja-karta: Kencana. 2010.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Achmad Fauzi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.