Pengaruh Iklim Sekolah “Tipe Terbuka” Terhadap Motivasi Belajar

Penulis

  • Faridah Karyati* Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Alpha Ariani Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.759

Kata Kunci:

iklim sekolah, iklim terbuka, motivasi belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) gambaran  iklim sekolah di SMA swasta di Kecamatan Karang Intan, 2) gambaran motivasi belajarnya, 3) adakah pengaruh antara iklim sekolah “tipe terbuka” terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan sampel siswa kelas 12 sebanyak 59 orang. Hasil pengolahan dan analisis data ditemukan bahwa iklim sekolah SMA swasta di Kecamatan Karang Intan memiliki tipe terbuka/open dengan 42.4% menunjukkan iklim sangat terbuka, 47.4% menyatakan cukup terbuka, dan sangat sedikit 10.2% menyatakan tidak terbuka/closed. Adapun motivasi belajar siswa SMA swasta di Kecamatan Karang Intan menunjukkan bahwa 71.2% memiliki motivasi yang tinggi, 25.4% memiliki motivasi belajar yang sedang, dan sangat sedikit 3.4% siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Selain itu dari penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata ada pengaruh antara iklim sekolah “tipe terbuka” terhadap motivasi belajar siswa SMA swasta di Kecamatan Karang Intan yaitu rhitung sebesar 1.925 lebih besar dari rtabel 1.671 dengan koefisien diterminasinya (R2) sebesar 14.4% yang berarti bahwa pengaruh iklim sekolah “terbuka” terhadap motivasi belajar sebesar 14.4%, dan sisanya sebesar 85.6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya baik faktor internal maupun eksternal siswa.  Walaupun hanya berkontribusi sebesar 14.4% seluruh anggota sekolah hendaknya tetap menciptakan iklim sekolah “terbuka” melalui berbagai kebijakan, aturan, norma, pengembangan nilai-nilai, karena iklim sekolah “terbuka” mempunyai peranan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Referensi

Daheri, M., Wahyudi, Ramli, A.C., Hasmirati, Arisman, & Resky, M., (2023). Motivasi Bela-jar Peserta Didik di Era New Normal. Journal on Education Volume 05, No. 03, Maret-April 2023, pp. 9640-9649 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365.

Dasor, Y.W. (2022). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 6, No. 2, Bulan Oktober Tahun 2022, Hal. 122-129 E-ISSN: 2598-408X, P-ISSN: 2541-0202.

Faristin, V.A., Ismanto, H.S., & Venty. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Psikoedukasia Vol 1, No 1, bulan Agustus Tahun 2022, Hal. 125-153.

Hardiningrum, R.S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Jurnal pendidikan PGSD edisi 24 tahun ke VII.

Herawati, & Husaini, B. (2021). Hubungan Iklim Sekolah Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Rikit Gaib. Journal of Education Science (JES), 7(2), Oktober 2021.

Hoy, W.K dan Miskel, C.G, 1987. Educational Administration : Theory, Research and Practice. Third Edition, New York : Random House.

Mc. Clelland, D. C. (1987). Human Motivation. New Year: Cambridge University Press.

Moedjiarto, 2002. Sekolah Unggul : Metodologi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta : Duta Graha Pustaka.

Moslem, M.C., Komaro M., & Yayat. (2019). Faktor-faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. 2, Desember 2019, Hal. 258-265.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Paper dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”, 25 November 2021 (Hal 289-302), Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Rizqi, A.A., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2018). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling (Alibkin). Vol 6 No. 2, ISSN: 2301-9824.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, D. P., Rusmin, & Deskoni. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMAN 3 Tanjung Raja. Jurnal Profit Volume 5, Nomor 1, Mei 2018.

Sugiarti, R., Mayangsari, M.D., & Fauzia, R. (2020). Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Motivasi Berprestasi Pada Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Jurnal Kognisia, Volume 3 Nomor 1, Februari 2020.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunardi, Adi. (2012). Pengaruh iklim sekolah dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar praktik siswa di SMK Negeri 2 Wonosobo. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-03

Cara Mengutip

Karyati, F., & Ariani, A. (2024). Pengaruh Iklim Sekolah “Tipe Terbuka” Terhadap Motivasi Belajar. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(1), 138–144. https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.759

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.