Persepsi Dampak Bullying Terhadap Siswa Di SMA Muhammadiyah 2 Palembang

Penulis

  • Mia Oktalinda Resti* Universitas Sriwijaya
  • Ardi Saputra Universitas Sriwijaya
  • Dian Sri Andriani Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.835

Kata Kunci:

Dampak Bullying, Persepsi, Siswa

Abstrak

Bullying tidak hanya berdampak bagi pelaku dan korban, tetapi bagi siswa yang menyaksikan kejadian bullying tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dampak bullying terhadap siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan angket yang hasilnya akan dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel kepada 92 responden terdiri dari 48 resonden untuk kelas X dan 44 responde untuk kelas XI  menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan kelas. Instrumen penelitian menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak bullying terhadap siswa sebagai pelaku masuk dalam kategori tinggi dengan total presentase sebesar 80%, dampak bagi siswa sebagai korban masuk dalam kategori sedang dengan total presentase sebesar 40%, dan dampak bagi yang menyaksikan bullying masuk dalam kategori sedang dengan total presentasi sebesar 54%.

Referensi

Alifian, N., & Muliasari. (2019). Dampak perilaku. November.

Aminah, A., & Nurdianah, F. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Eksplorasi Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1–10. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK.

Eka Afriani, & Afrinaldi Afrinaldi. (2023). Dampak Bullying Verbal Terhadap Perilaku Siswa Di Sma Negeri 3 Payakumbuh. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.34.

Kanda, A. S. (2024). Dampak Bullying Terhadap Perubahan Perilaku Pada Korban Bullying di SMK PGRI 2 Kota Cimahi. 1(3), 507–512.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2023). Rakornas dan Ekspose KPAI 2023: Membangun Indonesia Bebas Kekerasan Terhadap Anak. Diakses tanggal 14 Agustus, 2024 dari artikel : https://www.kpai.go.id/publikasi/rakornas-dan-ekspose-kpai-2023-membangun-indonesia-bebas-kekerasan-terhadap-anak.

Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252.

Perdamaian, Bara Agung., Marhen, Eddy., Donie., Yenes, Ronie. (2023). UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Volume III no II ISSN 2776-1479 ( Online ) 1 | JOLMA Copyright @ Bara et al PENDAHULUAN Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat . Menurut Karsono et al . III(Ii), 1–3.

Pramoko, R. (2019). Pengaruh Penerimaan Diri Remaja Terhadap Bullying Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Turi. Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 195–203. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/15911%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/download/15911/15395.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Bandung.

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Resti, M. O., Saputra, A., & Andriani, D. S. (2024). Persepsi Dampak Bullying Terhadap Siswa Di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 295–304. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.835

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.