Pengaruh Kemandirian Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SDNPasayangan 1 Kabupaten Banjar

Penulis

  • Inuriya Verawati UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.296

Kata Kunci:

Pengaruh, Kemandirian, Pembentukan, Karakter Siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kemandirian siswa SDN 1 Pasayangan Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian siswa terhadap pembentukan karakter SDN 1 Pasayangan. Siswa sekolah, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar. percobaan. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang paling produktif, karena jika penelitian dilakukan dengan baik maka dapat menjawab hipotesis yang terutama berkaitan dengan hubungan sebab akibat, karena dalam penelitian ini peneliti mengontrol atau memanipulasi variabel penelitian. Hasil perhitungan di atas menggunakan rumus product moment. diketahui nilai rhitung sebesar 0,389. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% dan N = 30 responden yaitu 0,361. Artinya nilai thitung = 0,389 lebih besar dari ttabel pada taraf 5% yaitu 0,361. Dengan kata lain, kemandirian terhadap pembentukan karakter siswa termasuk dalam kategori sebagian besar (baik). Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 66,13. Pengaruh kemandirian terhadap pembentukan karakter siswa termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil jawaban angket sebesar 50,17.

Referensi

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta. Rineka Cipta.

Basri, Hasan. 2004. Remaja Berkualitas (Problematika Remaja dan Solusinya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya Dian, Andayani dan Abdul Majid. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Familia. 2006. Membuat Prioritas Melatih Anak Mandiri. Yogyakarta: Kanisius.

Gea, Antonius Atosakhi, dkk. 2003. Character Building 1 Relasi dengan Diri Sendiri (edisi revisi). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Gunawan, Heri. 2010. Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Kanisius.

Furqan, Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Jas, Walneg S. 2010. Wawasan Kemandirian Calon Sarjana. Jakarta: Raja Garafindo Persada.

Megawangi, Ratna. 2008. Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia (Pustaka Intan Madani).

Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Rusdianto. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Santoso, Slamet Imam. 1981. Pembinaan Watak Tugas Utama Pendidikan. Jakarta: UI Press.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Verawati , I. . (2021). Pengaruh Kemandirian Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SDNPasayangan 1 Kabupaten Banjar. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(2), 128–135. https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.296

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.