Pengaruh Alat Peraga Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 11 Tanjung Batu
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.720Kata Kunci:
Alat Peraga, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 11 Tanjung Batu. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 responden. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data melalui uji instrumen tes dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan alat peraga terbukti sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa IPA kelas V SDN 11 Tanjung Batu. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest 57,6 yang artinya belum tuntas dan nilai-nilai rata-rata posttest 75,7 yang artinya tuntas. Kemudian berdasarkan uji hipotesis diketahui thitung= 5,070 lebih besar dari ttabel=1,71714. Dengan demikian dapat dinyatakan hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa penerapan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas VSDN 11 Tanjung Batu.
Referensi
Djamaluddin, Ahdar & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran: Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Elda, Irawati. (2022). Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 76 Kota Bengkulu. Skripsi, UIN FAS Bengkulu
Menik, Marinah. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada materi system tata surya melalui alat peraga planetarium. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah Vol. 11, No. 1, 1-12
Nurmadiah. (2016). Media pendidikan, Al-Afkar: Jurnal Keislaman dan Peradaban, Vol.5, No. 1.
Sapriati, A. (2014). Pembelajaran IPA di SD.Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sholichah, L. N. (2017). Pengembangan Media Miniatur Tata Surya 3d Materi
Mendeskripsikan Sistem Tata Surya Dan Posisi Penyusun Tata Surya Kelas VISDN Karanggayam 02, 01(01).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Wildan Qosid Ilahy, dkk. (2022). Pengaruh Penggunaan alat peraga tata surya terhadap moti-vasi dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(16), 644-653
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rani Pertiwi, Susanti Faipri Selegi, Ilham Arvan Junaidi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.