Pengaruh Perkembangan Kognitif Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.42Kata Kunci:
Pengaruh; Perkembangan Kognitif; Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui perkembangan kognitif siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, dan 2) Mengatahui hasil belajar siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, 3) Mengetahui Pengaruh perkembangan kognitif siswa terhadap hasil belajar siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah Metode Deskriptif kuantitatif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin dengan jumlah populasi sebanyak 180 siswa sedangkan sampel yang diambil adalah sebagian siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Kesimpulan yang telah didapat dalam penelitian ini adalah Perkembangan kognitif siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Ta- pin, yaitu sebagian kecil (30%) perkembangan kognitif siswa dalam kategori tinggi, sebagian kecil (30%) perkembangan kognitif siswa dalam kategori sedang, cukup besar (40%) perkembangan kognitif siswa dalam kategori rendah. Hasil belajar siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, yaitu sebagi- an terkecil (10%) hasil belajar siswa dalam kategori tinggi, sebagian besar (76,66%) hasil belajar siswa dalam kategori sedang, dan sebagian terkecil sebagian terkecil (13,33%) hasil belajar siswa dalam kategori rendah. Berdasarkan analisis data yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 4,348 dan Ftabel = 4,20 dengan taraf signif- ikan 5%, maka nilai hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai Fhitung lebih besar Ftabel sehingga dapat dibuktikan Ha yang berbunyi artinya bahwa ada pengaruh yang siginifikan antara perkembangan kognitif siswa terhadap hasil belajar siswa diterima.
Referensi
Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Haryanto, Sukandarrumidi. 2008. Dasar-Dasar Proposal Penelitian. Yogyakarta: Universitas Gajag Mada Universitiy Press.
Husdarta dan Nurlan, Kusmaedi. 2010. Pertumbuhan & Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Rakyat.
Sudjana, Nana. 2002. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para peneliti. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Saidah Tunnoor
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.