Self Efficacy Mahasiswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka

Penulis

  • Inuriya Verawati Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.558

Kata Kunci:

self efficacy, mahasiswa, pembelajaran tatap muka

Abstrak

Saat ini perkuliahan sudah mulai dilakukan pembelajaran tatap muka, sehingga mahasiswa kembali bisa beraktivitas di kampus untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di kelas setelah beberapa waktu saat pandemi Covid-19 proses pembelajaran dilakukan secara daring. Proses perkuliahan tatap muka ini tentunya memerlukan kajian untuk melihat kondisi self efficacy mahasiswa dalam perkuliahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk identifikasi tentang self efficacy mahasiswa dalam pembelajaran tatap muka. Penelitian menggunakan desain deskriptif, jumlah populasi yang juga sekaligus menjadi sampel sebanyak 26 mahasiswa, Tehnik pengambilan yang digunakan yaitu total sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa para mahasiswa memiliki self efficacy yang tinggi dalam pembelajaran tatap muka. Kondisi menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki keyakinan diri yang kuat untuk keberhasilan dalam studinya.

Referensi

Bandura, A. (1994). Self Efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human be-havior (Vol. 4, 77-81). New York: Academic Press.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy, The Exercise of zControl, new York: W.H. Freeman and Company.

Edwin, E., & Widjaja, Y. (2020). Hubungan self efficacy dengan pencapaian akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 2(2), 234–243. https://doi.org/10.24912/tmj.v3i1.9723

Halawa, A. (2020). Self – Efficacy Mahasiswa Dalam Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 9(2), 26–32. Retrieved from https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/Kep/article/view/262

Hermita, M., & Thamrin, W. P. (2015). Metacognition toward Academic Self-efficacy among Indonesian Private University Scholarship Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 1075–1080. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.268

Sarafino, E.P. 2006. Health Psychology Biopsychosocial Interactions (5th ed). USA : John Willey & Sons Inc.

Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). Generalized Self-Efficacy scale. In J. Weinman, S. Wright, & M. Johnston, Measures in health psychology: A user’s portfolio. Causal and control beliefs (pp. 35-37). Windsor, UK: NFER-NELSON.

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91–95. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386

Vasile, C., Marhan, A. M., Singer, F. M., & Stoicescu, D. (2011). Academic self-efficacy and cognitive load in students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 12, 478–482. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.059.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-28

Cara Mengutip

Verawati, I. . (2023). Self Efficacy Mahasiswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(1), 31–34. https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.558

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.