Self Efficacy Mahasiswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.558Kata Kunci:
self efficacy, mahasiswa, pembelajaran tatap mukaAbstrak
Saat ini perkuliahan sudah mulai dilakukan pembelajaran tatap muka, sehingga mahasiswa kembali bisa beraktivitas di kampus untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di kelas setelah beberapa waktu saat pandemi Covid-19 proses pembelajaran dilakukan secara daring. Proses perkuliahan tatap muka ini tentunya memerlukan kajian untuk melihat kondisi self efficacy mahasiswa dalam perkuliahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk identifikasi tentang self efficacy mahasiswa dalam pembelajaran tatap muka. Penelitian menggunakan desain deskriptif, jumlah populasi yang juga sekaligus menjadi sampel sebanyak 26 mahasiswa, Tehnik pengambilan yang digunakan yaitu total sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa para mahasiswa memiliki self efficacy yang tinggi dalam pembelajaran tatap muka. Kondisi menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki keyakinan diri yang kuat untuk keberhasilan dalam studinya.
Referensi
Bandura, A. (1994). Self Efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human be-havior (Vol. 4, 77-81). New York: Academic Press.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy, The Exercise of zControl, new York: W.H. Freeman and Company.
Edwin, E., & Widjaja, Y. (2020). Hubungan self efficacy dengan pencapaian akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 2(2), 234–243. https://doi.org/10.24912/tmj.v3i1.9723
Halawa, A. (2020). Self – Efficacy Mahasiswa Dalam Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 9(2), 26–32. Retrieved from https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/Kep/article/view/262
Hermita, M., & Thamrin, W. P. (2015). Metacognition toward Academic Self-efficacy among Indonesian Private University Scholarship Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 1075–1080. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.268
Sarafino, E.P. 2006. Health Psychology Biopsychosocial Interactions (5th ed). USA : John Willey & Sons Inc.
Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). Generalized Self-Efficacy scale. In J. Weinman, S. Wright, & M. Johnston, Measures in health psychology: A user’s portfolio. Causal and control beliefs (pp. 35-37). Windsor, UK: NFER-NELSON.
Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91–95. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386
Vasile, C., Marhan, A. M., Singer, F. M., & Stoicescu, D. (2011). Academic self-efficacy and cognitive load in students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 12, 478–482. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.059.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Inuriya Verawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.