Peningkatan Budaya Literasi Melalui Metode Mind Mapping Di SMK Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.800Kata Kunci:
Implementasi, Metode Mind Mapping LiterasiAbstrak
Konteks penelitian ini adalah indikator literasi siswa SMK Mu’allimat dinilai masih kurang baik. Dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif dan cenderung pasif. Oleh karena itu, guru perlu melakukan upaya untuk meningkatkan literasi siswa dengan menggunakan metode mind map. Masih sangat jarang proses pembelajaran dilakukan untuk membuat siswa lebih tertarik dan berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Budaya literasi di SMK Perguruan Tinggi Mu'allimat Cukir Jombang, 2) Peningkatan budaya literasi melalui metode mind map di SMK Perguruan Tinggi Mu'allimat Jombang, 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan budaya literasi melalui metode mind map di SMK Perguruan Tinggi Mu'allimat Cukir Jombang. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini berupa: 1) Budaya Literasi di SMK Muallimat Cukir yaitu kegiatan pembuatan puisi pada acara bulan bahasa, pembuatan madding pada acara bulan Agustus, kegiatan membaca, dan jadwal rutin di perpustakaan. Namun dengan berbagai program tersebut, secara umum kemampuan literasi mereka masih kurang. 2) Peningkatan budaya literasi melalui metode mind map di SMK Muallimat artinya siswa mampu memahami bacaan dengan baik, siswa mampu menggali sumber bacaan dengan baik, siswa mampu menuliskan poin-poin penting dalam suatu materi. Sehingga dapat diambil kesimpulan besar bahwa metode mind map mampu meningkatkan literasi siswa. 3) faktor pendukung peningkatan budaya literasi melalui metode mind map adalah minat dan motivasi siswa, fasilitas sekolah yang memadai, dan kebebasan sekolah dalam menggunakan metode tersebut. Dan faktor penghambatnya adalah adanya beberapa siswa yang tidak bekerja sama dalam kelompok dan mempunyai waktu yang terbatas.
Kata kunci: Implementasi, Metode Mind Mapping Literasi
Referensi
Arya, I Gede. (2018). Analisis Pelaksanaan Progam Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Widyacarya, Vol. 2 No. 1
Asorah, Hanun. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Interpana
Buzan, Tony. (2008). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Darusman, Rijal. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Beriir Kreatif Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Progam Studi Matematika STIKIP Siliwangi Bandung, Vol. 3 No. 2 September 2014.
Diah, Rexy. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Innodesia,Vol. 2 No. 2 Tahun 2022.
Djam’an, Satori & Aan Komariah.(2014). Metode Penelitian Kualitatif , Bandung: Alfabeta
Guantina, Nina. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, Vol. 1 No. 1.
Gunawan, Ary H. (2000). Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi tentang Berbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Hri. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol 21 Nomer 1.
Hidayat, Rahmat. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori Dan Aplikasinya. (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Nasional (LPPI).
Karim, Abdul.( 2017). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map.Jurnal Ijtamala, Vol 1 No. 1.
Lestari, Dwi Iling. (2022). Profil Kemampuan Literasi Bahasa. Jourrnal Indonesian Journal of Educational Develpoment,Vol 3 November.
Lukluk. Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal PGSD Universitas Sebeas Maret.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
Nasih, Ahmad Munjun. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Nikmah. (2017). Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Mind Mapping. Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.
Pahrudin, Agus. (2017). Strategi Belajar Mengajar PAI di Madrasah. Bandar Lampung: Pusaka Media.
Prasetyo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahayu, Arum Putri. Pengunaan Mind Mapping dari perspektif Tony Buzan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Paradigma STAI Ma’arif Magetan, Vol. 11 Nomer 1 April.
Rofisian, Nela. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kaktifan Siswa. Jurnal el-Milad: Jurnal PGMI, Vol. 12 Nomer 2.
Rusyidah. (2020). Inovasi Literasi Madrasah. Surabaya: Lontar Digital.
Sadli, Muhammad. Analisis Pengembangan Budaya Literasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, UIN Sunan Kalijaga, Vol. 6 Nomer 2.
Salama, Umy. (2016). Efektifitas Metode Pemelajaran Mind Map Tony Buzan dalam Upaya Meningkatkan Kretifitas Berfikir dan Prestasi Belajar Bahasa Arab. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Kalijaga Yogyakarta.
Samsu, Metode Penelitian Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitas, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2015), Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syam, Natriani. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol V Nomer 3.
Tasmuji, dkk. (2011). Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press
Valentino, Aris. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaharui Hasil Belajar. Artikel Ilmiah Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Tanjungpura.
Widiyono. (2021). Mind Mapping Strategi Belajar yang Menyenangkan, Jombang: Lima Aksara.
Wiedarti, Pangesti. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama,
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fajah Himmatul Aula, Aida Arini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.