Peran Kepemimpinan Transformasional Terhadap Supervisi Di Sekolah Dasar Negeri Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.150Kata Kunci:
Transformasional; Kepemimpinan; Supervisi; Kepala SekolahAbstrak
Ada hubungan yang sangat kuat antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Supervisi Kepala Sekolah I SD Negeri di Banjarmasin Timur. Dari hasil analisis regresi linier sederhana yang memberikan nilai persamaan sebesar Y = 1,862 + 0,967X artinya dapat diterjemahkan bahwa jika tidak ada kegiatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, maka kegiatan Supervisi Kepala Sekolah mempunyai nilai konstanta sebesar 1862 point, namun jika penambahan kegiatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah sebesar 1%, maka kegiatan Supervisi Kepala Sekolah akan meningkat sebesar 0,967 dengan kontribusi variable X sebesar 90% terhadap variable Y, sisanya 10% adalah faktor lainnya di luar penelitian ini. Bahwa peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Supervisi pada SD Negeri di Banjarmasin Timur adalah Baik.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2019. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mawardi, A.D, 2015. Manajemen Berbasis Sekolah (Tinjauan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam MBS). Diktat Untuk Kalangan Sendiri. Banjarmasin: UAY Banjarmasin.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfa Beta. Edisi Kedelapan.
Usman, Husaini. 2011. Manajemen : Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara. Edisi Ketiga.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Agus Dian Mawardi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.