Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah Terhadap Prestasi Belajar Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIN 04 Hulu Sungai Tengah

Penulis

  • Nurul Huda Fitriani Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.49

Kata Kunci:

Penggunaan Bahasa Daerah; Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa daerah, terhadap hasil prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 04 Hulu Sungai Tengah Desa Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Teknik Observasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik yang berjumlah 20 siswa. Pengolahan data menggunakan metode statistik menggunakan rumus regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tarif signifikan (α) = 25% dan Df (darajat kebebasan=jumlah peserta-2 atau 20-2=18 Sehingga diperoleh T_tabel sebesar 0,688. Hasil statistik menunjukkan T_hitung=0,816lebih besar T_tabel =0,688 berarti Ha ada “Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di IV MIN 04 Hulu Sungai Tengah Desa Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah” diterima. Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di IV MIN 04 Hulu Sungai Tengah Desa Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 0,27% berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar siswa di kelas IV MIN 04 Hulu Sungai Tengah Desa Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Referensi

Hikmat dan Solihati. (2016). Bahasa Indonesia (untuk Mahasiswa S1 & pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan Umum). Jakarta : Grasindo

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuanti-tatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Moh. Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bo-gor: Ghalia Indonesia

Siregar, Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta : Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-26

Cara Mengutip

Fitriani, N. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah Terhadap Prestasi Belajar Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIN 04 Hulu Sungai Tengah. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(2), 34–42. https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.49

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.